Kompas TV nasional rumah pemilu

Andi Arief: Demokrat Tak Masalah bila Bakal Cawapres Anies Bukan AHY, tapi Diumumkan Sekarang

Kompas.tv - 8 Agustus 2023, 15:43 WIB
andi-arief-demokrat-tak-masalah-bila-bakal-cawapres-anies-bukan-ahy-tapi-diumumkan-sekarang
Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Demokrat Andi Arief di Jakarta, Rabu, 6 Maret 2019. (Sumber: ANTARA/Aprillio Akbar)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV - Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP Partai Demokrat Andi Arief mengaku tidak akan mempersoalkan bila ketua umumnya, Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY tidak dipilih menjadi bakal cawapres Anies Baswedan di Pilpres 2024. 

Ia mengaku hanya mempersoalkan ihwal Anies yang hingga saat ini tidak mengumumkan sosok yang akan mendampinginya di pesta demokrasi nanti. 

Menurut dia, lambannya Anies dalam memilih bakal cawapres membuat konsolidasi di Koalisi Perubahan untuk Persantuan yang terdiri dari Nasdem, PKS dan Demokrat tak berjalan.

Baca Juga: AHY ke Anies: Jangan Terlalu Lama Ambil Keputusan Bakal Cawapres!

"Enggak masalah (bakal cawapres bukan AHY). Mau mbak Yenny (Wahid), Bu Khofifah (Indar Parawansa), mau Ibu Susi (Pudjiastuti) silakan aja diumumkan tapi sekarang biar cepat konsilidasi, ini menghambat konsolidasi ini. Sepertinya enggak, tapi sebenarnya menghambat konsolidasi," kata Andi Arief kepada wartawan, Selasa (8/8/2023).

Ia menyatakan, pihaknya akan melakukan komunikasi lebih intens dengan Anies untuk menanyakan kesiapannya menyiapkan bakal cawapres di Pilpres 2024. 

"Ya kita akan berkomunikasi agak serius dengan Pak Anies nih. Karena dijanji-janjikan terus ini tapi enggak ada realisasinya ini," ujarnya.

Menurut dia, dari sejumlah nama bakal cawapres yang beredar, AHY masih didorong oleh Demokrat untuk mendampingi Anies. 

"Oh iya, bukan mendorong (AHY). Rasanya calon lain ya siapa, apa Bu Susi silakan saja diumumkan sekarang," katanya.

Ia menambahkan, pihaknya akan tetap berkomitmen di Koalisi Perubahan untuk Persatuan hingga pendaftaran capres-cawapres di Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

"Enggak (keluar Koalisi Perubahan untuk Persatuan), enggak sejauh itu lah. Biar aja nanti rakyat yang akan menyaksikan mana yang lebih benar nanti kan, itu aja," ujarnya.

Menurut dia, dengan semakin cepatnya pengumuman nama bakal cawapres, akan semakin cepat pula seluruh partai politik (parpol) di koalisi akan bekerja.


"Ya semakin cepat semakin baik semakin konsolidasinya cepat semakin semua bisa bekerja," kata dia.

Sebelumnya, AHY berharap bakal capres Koalisi Perubahan untuk Persatuan Anies Baswedan bisa segera mengambil keputusan ihwal bakal cawapresnya di Pilpres 2024 mendatang. 

Baca Juga: Andi Arief Tak Setuju dengan Surya Paloh soal Pengumuman Bakal Cawapres: Anies Harus Tentukan Sikap

Ia mengakui bila mengambil keputusan tersebut tidak mudah, tapi diharapkan dalam waktu dekat sudah ada bakal capres dan cawapres yang dideklarasikan oleh Koalisi Perubahan untuk Persatuan. 

"Buat Mas Anies, saya paham, tidak mudah, kompleks, harus benar-benar secara matang mengambil keputusan itu (bakal cawapres), tapi jangan terlalu lama mengambil keputusan," kata AHY dalam program Ni Luh di Kompas TV, Senin (7/8/2023). 



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.