Kompas TV nasional peristiwa

Besok Kepulangan Terakhir Jemaah Haji Indonesia, 209 Ribu Lebih Telah Kembali dan 770 Wafat

Kompas.tv - 3 Agustus 2023, 16:02 WIB
besok-kepulangan-terakhir-jemaah-haji-indonesia-209-ribu-lebih-telah-kembali-dan-770-wafat
Rombongan jemaah haji Indonesia bersiap untuk terbang ke Tanah Air dari Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah, Arab Saudi pada Agustus 2023. (Sumber: Kemenag RI)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia (RI) mengungkapkan Jumat (4/8/2023) besok merupakan hari terakhir kepulangan jemaah haji ke Tanah Air.

Rombongan jemaah haji Indonesia yang menutup penyelenggaraan ibadah haji 2023 besok berasal dari Debarkasi Surabaya (SUB) 88 dengan jumlah 360 orang dalam satu kelompok terbang (kloter).

Berdasarkan informasi dari Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Kemenag RI, hingga Kamis (3/8/2023) siang, jemaah yang telah kembali ke Indonesia sebanyak 209.782 dari 558 kloter.

Sementara total jemaah yang meninggal dunia sebanyak 770 orang.

Koordinator Media Center Haji (MCH) PPIH Pusat Dodo Murtado menerangkan sebanyak 1.044 orang pada gelombang II yang tergabung dalam 3 kloter hari ini, Kamis (3/8/2023), pulang ke Tanah Air dari Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah, Arab Saudi.

“Mereka akan mendarat di Bandara Internasional Juanda-Surabaya tanggal 4 Agustus 2023," kata Dodo di Jakarta, Kamis, dilansir situs resmi Kemenag RI.

Baca Juga: Ini 3 Negara Pengirim Jemaah Haji Terbanyak Tahun 2023, Indonesia Raih Penghargaan Nomer 1

Sebagaimana telah diberitakan Kompas.tv sebelumnya, Indonesia menjadi pengirim jemaah haji terbanyak pada 2023.

Indonesia mengirimkan setidaknya 229 ribu jemaah haji yang terdiri dari 221 ribu kuota awal dan 8 ribu kuota tambahan dari pemerintah Arab Saudi.

Pemerintah Arab Saudi pun memberikan penghargaan kepada Indonesia sebagai negara pengirim jemaah haji terbanyak bersama dua negara lainnya, yakni Pakistan dan Bangladesh.

Wakil Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Abdul Fattah Mashat memberikan penghargaan tersebut kepada Konsul Haji Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Jeddah Nasrullah Jasam di Jeddah pada Minggu (30/7/2023).

Baca Juga: Perdana, Ribuan Kambing "Dam" Jemaah Haji Indonesia Dikirim ke Tanah Air, Diolah Jadi Rendang


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x