Kompas TV nasional rumah pemilu

Prabowo soal Gugatan Usia Capres dan Cawapres: Banyak Negara yang Pemimpinnya Muda

Kompas.tv - 3 Agustus 2023, 07:05 WIB
prabowo-soal-gugatan-usia-capres-dan-cawapres-banyak-negara-yang-pemimpinnya-muda
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto tiba di lingkungan Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (26/6/2023) sore. Prabowo mengaku dipanggil Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Sumber: Antara)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS TV - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menanggapi ihwal gugatan batas usia capres dan cawapres yang sedang digugat di Mahkamah Konstitusi (MK). 

Diketahui, kini Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (UU Pemilu) yang mengatur batas usia capres dan cawapres minimal 40 tahun sedang digugat di MK. 

Menurut dia, kini banyak pemuda-pemuda yang menjadi pemimpin negara. Oleh sebab itu, dirinya menilai gugatan tersebut merupakan terobosan yang baik.  

Baca Juga: DPR dan Pemerintah Serahkan ke MK soal Gugatan Persyaratan Usia Capres dan Cawapres

"Kalau saya lihat ya saya lihat jangan kita terlalu melihat usia lah, kita lihat tekad, idealisme, kemampuan seseorang. Kalau saya lihat ya banyak negara itu pemimpinnya muda-muda sekarang," kata Prabowo usai bertemu dengan elite PSI di Kantor DPP PSI, Jakarta Pusat, Rabu (2/8/2023). 

Sebelumnya Wakil Ketua Komisi III DPR RI Habiburokhman menyampaikan keterangan dalam sidang pengujian Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (UU Pemilu) pada Selasa (1/8/2023) di MK. 

Politikus Partai Gerindra itu mengatakan, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) diperkirakan Indonesia memasuki bonus demografi pada 2020 sampai dengan 2030.  

Pada rentang waktu ini, menunjukkan jumlah usia produktif yang mencapai dua kali lipat dari jumlah usia penduduk Indonesia. 


Oleh karenanya, penduduk usia produktif ini kemudian hari dapat berperan serta dan mempersiapkan diri dalam pembangunan nasional untuk menjadi pemimpin bangsa, termasuk sebagai calon presiden dan wakil presiden.

Baca Juga: Respons Cak Imin Soal Wacana Gibran Jadi Cawapres Prabowo: Mas Gibran Usianya Belum Cukup

“Sementara terhadap perbandingan usia pemimpin negara di dunia, ada 45 negara yang mensyaratkan usia 35 tahun untuk menjadi pemimpin negara, seperti Amerika Serikat, Rusia, India, dan Portugal," kata Habiburokhman seperti dikutip dari laman mkri.id, Selasa.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x