Kompas TV nasional politik

Akbar Tanjung Minta Kader Golkar Solid Dukung Airlangga Hartarto, Tolak Ajakan Munaslub

Kompas.tv - 3 Agustus 2023, 06:20 WIB
akbar-tanjung-minta-kader-golkar-solid-dukung-airlangga-hartarto-tolak-ajakan-munaslub
Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto menyampaikan sambutan dalam pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai Golkar 2023 di kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Minggu (4/6/2023). (Sumber: ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dewan Kehormatan DPP Partai Golkar menyatakan dukungannya kepada Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto, terkait sikap dan keputusan politik dalam Pilpres 2024. 

Keputusan ini diambil setelah Dewan Kehormatan Partai Golkar mengadakan rapat internal pada Rabu (2/8/2023).

Ketua Dewan Kehormatan Akbar Tandjung mengungkapkan, terdapat lima poin keputusan dalam menyikapi berbagai isu dan dinamika politik di tingkat internal dan nasional. 

Salah satunya adalah meminta seluruh jajaran pengurus dan kader partai dengan lambang pohon beringin untuk menjaga kekompakan dan soliditas partai.

“Wacana mengenai penyelenggaraan Munas Luar Biasa (Munaslub) yang dilontarkan beberapa aktivis partai, agar dihentikan,” kata Akbar Tanjung dikutip dari Surat Keputusan Dewan Kehormatan yang ditandatangani Rabu (2/8/2023).

Poin pertama dari keputusan Dewan Kehormatan Partai Golkar adalah permintaan penghentian wacana munaslub.

Selain itu, Dewan Kehormatan juga menyetujui sepenuhnya untuk menyerahkan pengambilan sikap dan keputusan terkait calon presiden dan calon wakil presiden kepada Airlangga Hartarto.

Baca Juga: Jusuf Kalla Harap Golkar Dapat Cawapres Jika Merapat ke Prabowo Subianto Dalam Pilpres 2024

“Dewan Kehormatan menyerahkan sepenuhnya kepada Ketua Umum DPP Partai Golkar untuk mengambil sikap dan keputusan dengan mengikuti perkembangan situasi dan kondisi bangsa dan negara,” ucap Akbar Tandjung.

Dewan Kehormatan menegaskan bahwa penyerahan keputusan terkait calon presiden dan calon wakil presiden merupakan mandat dari Munas dan Rapimnas kepada Airlangga sebagai Ketua Umum DPP Partai Golkar.

Selain itu, beberapa poin lain yang disepakati oleh Dewan Kehormatan adalah meminta seluruh jajaran partai dengan lambang pohon beringin untuk fokus pada persiapan dan pelaksanaan Pemilu 2024, dengan tujuan meningkatkan perolehan suara dan kursi di setiap daerah agar Golkar dapat menjadi pemenang seperti yang dicapai pada Pemilu 2004.

Akbar Tandjung juga menyarankan agar DPP segera melakukan pertemuan dengan seluruh perangkat organisasi, baik di tingkat maupun daerah secara berjenjang, dan melibatkan organisasi yang mendirikan dan didirikan oleh Partai Golkar.

Poin selanjutnya, Dewan Kehormatan meminta DPP Partai Golkar menyusun langkah strategis dan langkah aksi konkret untuk memastikan kemenangan Partai Golkar dalam Pileg dan Pilpres 2024.

Serta meminta DPP Partai Golkar segera menyusun dan menyosialisasikan platform pembangunan nasional sebagai panduan bagi calon anggota legislatif dan kader dalam kampanye pemilu.

Lalu untuk poin terakhir, Akbar Tanjung turut mengingatkan DPP Partai Golkar agar tetap konsisten mendukung dan mengawal pemerintahan Presiden Joko Widodo untuk menuntaskan pembangunan nasional. 

Baca Juga: Airlangga Pastikan Golkar Tidak Dukung Anies Baswedan di Pilpres 2024


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x