Kompas TV nasional politik

7 Pj Kepala Daerah Diberhentikan, Tak Sesuai Harapan dan Ada yang Terlibat Politik Praktis

Kompas.tv - 27 Juli 2023, 15:37 WIB
7-pj-kepala-daerah-diberhentikan-tak-sesuai-harapan-dan-ada-yang-terlibat-politik-praktis
Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) John Wempi Wetipo. (Sumber: Tangkapan layar Youtube KPU RI.)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pihak Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menyebut tujuh penjabat (Pj) kepala daerah diberhentikan setelah pelantikan mereka pada 2022 lalu.

Hal itu disampaikan Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) John Wempi Wetipo di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Kamis (27/7/2023).

Menurutnya, dari mereka ada yang diberhentikan karena bekerja tidak sesuai dengan harapan dan tugas yang diberikan.

"Ada yang kita berhentikan karena tidak sesuai dengan harapan dari tugas yang diberikan, kurang lebih ada tujuh," kata Wempi.

Meski menyebut ada sekitar tujuh penjabat kepala daerah yang diberhentikan, ia tidak memerinci masing-masing kepala daerah tersebut.

Baca Juga: Tanggapan Kemendagri soal Dugaan Kebocoran Data Dukcapil

Wempi hanya menyebut bahwa mereka adalah penjabat bupati dan wali kota, bukan gubernur.

Ia menambahkan, selain mereka tidak menjalankan proses pemerintahan dengan baik, ada pula penjabat kepala daerah yang diberhentikan karena terlibat politik praktis.

Ia menegaskan, pihak Kemendagri  harus benar-benar mengawasi hal semacam itu, karena para penjabat kepala daerah merupakan birokrat.

"Orang birokrat ini harus tegak lurus tidak boleh terkontimanisasi dengan kepentingan politik lain," kata Wempi, dikutip Kompas.com.

Diketahui, sebelum tahun 2024 mendatang, ada 24 gubernur serta 248 bupati dan wali kota yang masa jabatannya akan habis.

Nantinya, posisi kepala daerah yang kosong itu pun akan diisi oleh penjabat yang ditunjuk pemerintah pusat hingga adanya kepala daerah definitif yang terpilih melalui Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024.

Baca Juga: Kemendagri Sebut Masa Jabatan 10 Gubernur Berakhir di September, Ini Daftarnya

Pada 2022, terdapat 101 penjabat kepala daerah dilantik, terdiri dari 7 penjabat gubernur, 76 bupati, dan 18 wali kota.

Sementara itu, pada 2023, ada 170 penjabat kepala daerah yang akan dilantik, terdiri dari 17 penjabat gubernur, 38 wali kota, dan 115 bupati.



Sumber : Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.