Kompas TV nasional politik

Jokowi Bicara Soal Isu Munaslub Golkar: Tidak Ada Hubungannya dengan Kita

Kompas.tv - 27 Juli 2023, 08:25 WIB
jokowi-bicara-soal-isu-munaslub-golkar-tidak-ada-hubungannya-dengan-kita
Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Jakarta, Kamis (27/7/2023). (Sumber: Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden.)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) angkat bicara soal rencana Partai Golkar ingin menggelar musyawarah nasional luar biasa atau Munaslub. 

Hal ini menanggapi pertanyaan ihwal tudingan yang menilai isu Munaslub Partai Golkar tersebut ditunggangi oleh Presiden Jokowi. 

Menurut dia, kabar tersebut tak benar, karena dirinya tak pernah mencampuri urusan internal partai politik (parpol).

Baca Juga: Eksponen Partai Golkar Minta Munaslub Digelar Bulan Ini dan Dorong Luhut Gantikan Airlangga

"Itu urusan internal Golkar. Urusannya internal Golkar, tidak ada hubungannya dengan kita," kata Jokowi seperti dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (27/7/2023). 

Selain itu, kata Jokowi, bila Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Investasi Indonesia Bahlil Lahadalia dan Ketua MPR Bambang Soesatyo atau Bamsoet ingin menjadi orang nomor satu di partai berlambang pohon beringin itu merupakan hak mereka. 

"Kalau Pak Luhut, Pak Bahlil, Pak Bamsoet punya keinginan itu urusan beliau-beliau, bukan urusan kita, urusan beliau-beliau, urusan internal Golkar," katanya.

Sebelumnya, Dewan Etik Partai Golkar mencium adanya gerakan yang ingin adanya peralihan kepemimpinan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.


Ketua Dewan Etik Partai Golkar Mohammad Hatta menjelaskan pihaknya sudah memiliki sejumlah data mengenai gerakan peralihan kepemimpinan melalui musyawarah nasional luar biasa (Munaslub).

Menurutnya gerakan ini dilakukan olah orang dalam Partai Golkar. Pihak yang menggerakkan wacana peralihan kepemimpinan tersebut bukan berada di unsur DPP tetapi masih keluarga besar Golkar. 

Dari data yang didapat Hatta, diduga pihak tersebut dilindungi oleh kekuatan besar. Sebab pihak tersebut berani menghubungi para DPD hingga melakukan intimidasi dan ancaman.

Baca Juga: Kisruh Pergantian Ketum, Airlangga Hartarto: Golkar Tidak Ada Munaslub

Hatta menyatakan pihaknya sudah melakukan pemanggilan dan penelusuran. Dari sana juga Dewan Etik Golkar mendapat nama pihak yang berupaya melakukan peralihan kepemimpinan melalui Munaslub.

"Kami sudah mendapat nama dan kami akan klarifikasi kepada yang bersangkutan apakah betul melakukan gerakan. Bisa saja yang bersangkutan tidak tahu karena namanya dijual pihak lain," ujar Hatta di program Satu Meja the Forum KompasTV, Rabu (26/7/2023) malam.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x