Kompas TV nasional rumah pemilu

Demokrat Respons Pertemuan Anies Baswedan dengan Susi Pudjiastuti: Keduanya adalah Kolega

Kompas.tv - 26 Juli 2023, 14:17 WIB
demokrat-respons-pertemuan-anies-baswedan-dengan-susi-pudjiastuti-keduanya-adalah-kolega
Bacapres Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), Anies Baswedan saat bertemu dengan mantan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), Susi Pudjiastuti. Anies mengunggah foto pertemuan dirinya dengan Susi di akun Twitter pribadinya, @aniesbaswedan, Selasa (25/7/2023). (Sumber: Twitter Anies Baswedan/@aniesbaswedan)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV - Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani mengatakan, pertemuan bakal capres Koalisi Perubahan untuk Persatuan Anies Baswedan dengan mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti tak ada kaitannya dengan pembahasan calon pendamping Anies di Pilpres 2024. 

"Kami menilai ini pertemuan yang positif. Tak ada kaitan dengan wacana (Susi sebagai bakal) cawapres. Tidak selalu pertemuan antara Mas Anies dengan tokoh-tokoh lainnya dimaknai sebagai pembahasan (bakal) cawapres," kata Kamhar kepada wartawan, Rabu (26/7/2023). 

Menurut dia, pertemuan itu hanya sebatas silaturahmi biasa, karena memang dahulu keduanya pernah duduk bersama sebagai pembantu Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Baca Juga: Anies Beberkan Obrolan dengan Susi Pudjiastuti: Ada yang Serius, Senda Gurau, Ada juga Soal Politik

"Mas Anies dan Bu Susi memang memiliki hubungan yang baik. Keduanya adalah kolega yang sama-sama pernah bertugas di Kabinet Pemerintahan Pak Jokowi periode pertama." 

"Bu Susi sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan sementara Mas Anies sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Keduanya adalah Anggota Kabinet yang memiliki popularitas tinggi pada masa itu," katanya. 

Oleh sebab itu, silaturahmi yang dilakukan Anies ke kediaman Susi di Kabupaten Pangandara ibarat kawan lama yang sudah lama tak bertemu.

"Jika kemudian keduanya menyempatkan diri bersilaturahim dan mengobrolkan tentang banyak hal, wajar-wajar saja. Selain merupakan anggota kabinet yang sangat populer pada masa itu, Bu Susi juga memiliki beragam terobosan," katanya.


Sebelumnya, Anies membeberkan isi obrolan dengan mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti kala menemuinya pada Senin (24/7/2023) lalu. 

Mantan gubernur DKI Jakarta itu menyebut, salah satu obrolannya, yaitu terkait situasi politik di Indonesia. Namun, Anies tak menjelaskannya secara detail ihwal isi pembicaraan tersebut. 

Baca Juga: PKS dan Nasdem Setuju Anies Baswedan Pilih Susi Pudjiastuti Jadi Bacawapres 2024

"Jadi, berbicaranya santai dan bermacam-macam, ada yang serius, ada yang penuh dengan senda gurau, ada juga soal politik, ada juga soal sosial," kata Anies, Selasa (25/7/2023).



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x