Kompas TV nasional rumah pemilu

Nama Terbaru Bakal Cawapres Ganjar yang Disebut Puan: AHY Bertahan, Mahfud MD Terdepak

Kompas.tv - 26 Juli 2023, 11:21 WIB
nama-terbaru-bakal-cawapres-ganjar-yang-disebut-puan-ahy-bertahan-mahfud-md-terdepak
Bakal capres usungan PDI Perjuangan (PDIP), Ganjar Pranowo, menyampaikan sambutan di Stadion Utama Bima, Kota Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (3/6/2023). (Sumber: ANTARA/Putu Indah Savitri)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS TV - Ketua DPP PDIP Puan Maharani menyebut nama-nama yang berpotensi menjadi bakal cawapres Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. Setidaknya,  dari 10 nama yang masuk ke dalam radar sudah mengerucut menjadi lima. 

Kelima nama itu ialah Ketua Bappilu PPP Sandiaga Uno, Menteri BUMN Erick Thohir, Mantan Panglima TNI Andika Perkasa, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin.

"Ada 10 nama, sekarang sudah mengerucut 5, salah satunya Cak Imin," kata Puan.

"Pak Sandiaga, Pak Erick Thohir, Pak Andika, Mas AHY, Cak Imin," ujarnya seperti dikutip dari YouTube Kompas TV, Senin (24/7/2023).

Baca Juga: Soal 5 Nama Kandidat Cawapres Ganjar, Puan Sebut Bisa Bertambah Atau Berkurang

Sebelumnya, Ketua DPR RI itu sempat menyebut 10 nama yang menjadi incaran PDIP untuk menjadi calon pendamping Ganjar di pesta demokrasi nanti. 

Selain lima yang mengerucut saat ini, sempat beredar pula Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Lalu ada  Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto hingga cendekiawan muslim Nasaruddin Umar. 


Artinya, dari 10 yang sudah masuk kantong, maka lima kandidat sudah tak menjadi incaran partai berlambang kepala banteng moncong itu untuk disandingkan dengan Ganjar. Mereka yang sudah tidak masuk dalam daftar antara lain Mahfud MD,   Airlangga Hartarto, Ridwan Kamil dan Nasaruddin Umar. 

Baca Juga: AHY Masuk Bacawapres Ganjar, Demokrat: Kami Tetap Dukung Anies!

Kini, nama yang disebut oleh Puan, yaitu mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, Ketua Umum Demokrat AHY, Erick Thohir dan Sandiaga Uno. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x