Kompas TV nasional humaniora

Cara Cek Hasil Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan 2023, Kapan Diumumkan?

Kompas.tv - 26 Juli 2023, 09:00 WIB
cara-cek-hasil-seleksi-akademik-ppg-dalam-jabatan-2023-kapan-diumumkan
Foto ilustrasi. Seleksi akademik atau pretest PPG Daljab 2023 telah selesai dilaksanakan pada 23 Juli 2023 lalu (Sumber: Antaranews)
Penulis : Dian Nita | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pengumuman hasil seleksi akademik atau pretest Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan (PPG Daljab) 2023 telah dinanti-nanti oleh peserta.

Pasalnya, seleksi akademik PPG Daljab 2023 telah selesai dilaksanakan pada 22-23 Juli 2023 lalu. Lantas, kapan dan bagaimana cara cek pengumumannya?

Melansir laman kemdikbud.go.id, Rabu (26/7/2023), PPG Dalam Jabatan adalah program pendidikan yang diselenggarakan untuk mempersiapkan lulusan S-1 Kependidikan dan S-1/D-IV Non Kependidikan yang memiliki bakat dan minat menjadi guru agar menguasai kompetensi guru secara utuh sesuai dengan Standar Pendidikan Guru.

PPG Dalam Jabatan diharapkan dapat menjawab berbagai permasalahan pendidikan, seperti: (1) kualifikasi di bawah standar (under qualification), dan (2) guru-guru yang kurang kompeten (low competence).

Baca Juga: Pendaftaran CPNS Dibuka Mulai September, Ini Jurusan dan Posisi yang Paling Dicari Pemerintah

Program PPG Dalam Jabatan bertujuan menghasilkan guru sebagai pendidik profesional yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, berilmu, adaptif, kreatif, inovatif, dan kompetitif dengan  tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik.

Seleksi akademik atau pretest merupakan salah satu ujian masuk calon mahasiswa PPG Daljab diselenggarakan secara serentak secara daring dan luring untuk mengukur pemahaman konsep/materi pencapaian tujuh capaian pembelajaran (CP) PPG.


Lantas, kapan pengumuman pretest PPG Daljab 2023?

Sejauh ini, belum ada keterangan resmi kapan pengumuman seleksi akademik PPG Daljab 2023 akan dilaksanakan.

Jika mengacu pada tahun 2022 lalu, seleksi akademik PPG Daljab 2022 digelar 24-27 Mei dan hasilnya diumumkan 22 Juni 2023.

Agar tidak ketinggalan pengumuman seleksi akademik PPG Daljab 2023, cek secara berkala di laman PPG Kemdikbud. Berikut caranya.

Baca Juga: Komisi II DPR Ungkap Rencana Pengangkatan Honorer ke PPPK Part Time, Dapat Uang Pensiun

Cara Cek Hasil Seleksi Pretest PPG Daljab 2023

1. Kunjungi laman resmi https://ppg.kemdikbud.go.id/

2. Setelah itu, Klik menu “Login”

3. Lalu, masukan alamat email yang didaftarkan dalam PPG beserta kata sandinya

4. Klik “Masuk”

5. Nantinya, jika sudah ada pengumuman kelulusan, peserta akan mendapatkan notifikasi “Lulus Seleksi” atau “Tidak Lulus Seleksi”

6. Namun, jika belum ada keterangan lulus atau tidak lulus, maka hasil seleksi akademik PPG Daljab 2023 belum diumumkan.

 

 



Sumber : Kompas TV, Kemdikbud.id


BERITA LAINNYA



Close Ads x