Kompas TV nasional sapa indonesia

Penderita Gizi Buruk di Aceh Terus Meningkat

Kompas.tv - 13 Maret 2019, 19:10 WIB
Penulis : Imanuel Gilang Krisjanuar | Editor :

Pianto Syahputra Laia, salah satu balita penderita gizi buruk kini tengah dirawat di rumah Sakit Umum Zainal Abidin, Banda Aceh. Balita asal pedalaman Aceh ini bukan hanya harus bergelut dengan gizi buruk jenis Marasmik Kwashiokor tetapi juga mengalami komplikasi penyakit lainnya seperti radang paru-paru dan infeksi cacing. Kisah Pianto ini hanya satu dari 3.125 kasus gizi buruk di Aceh.

Gizi buruk dan gizi kurang semakin menghantui sebagian warga Aceh karena menurut data Dinas Kesehatan per 26 Februari 2019 jumlah gizi kurang yang diklasifikasikan berdasarkan berat badan dan tinggi badan angkanya mencapai 12.000 penderita. Dinas Kesehatan Aceh pun beralasan tingginya angka gizi buruk di Aceh disebabkan oleh berbagai macam faktor mulai dari kemiskinan hingga minimnya sanitasi.

Tercatat angka gizi buruk tertinggi di Aceh saat ini berada di Kabupaten Aceh Timur, Aceh Tengah, Pidie dan Aceh Utara. Pihak Dinas Kesehatan Aceh hingga saat ini masiih terus mendata karena jumlah penderita yang terdata belum terverifikasi di lapangan karena selama ini pendataan hanya dilakukan melalui sistem elektronik oleh petugas masing-masing daerah.

#GiziBuruk #Aceh



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x