Kompas TV nasional rumah pemilu

PKB Buka Pintu Jika Demokrat Ingin Dukung Gerindra di Pilpres 2024: Kami Happy

Kompas.tv - 21 Juli 2023, 17:08 WIB
pkb-buka-pintu-jika-demokrat-ingin-dukung-gerindra-di-pilpres-2024-kami-happy
Ketua DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Daniel Johan (Sumber: KOMPAS.com/KRISTIAN ERDIANTO)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS TV - Ketua DPP PKB Daniel Johan mengatakan, pihaknya akan membuka pintu kepada Partai Demokrat jika ingin bergabung mendukung Partai Gerindra di Pilpres 2024 mendatang.

Diketahui, kini PKB bergabung dengan Gerindra di Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR).

Daniel menyatakan, semakin banyak partai yang bergabung, peluang memenangkan pesta demokrasi nanti akan kian terbuka lebar. 

Baca Juga: Demokrat Buka Opsi Kerja Sama dengan Gerindra jika Pilpres 2024 Dua Putaran

"Kalaupun Demokrat tertarik gabung kami happy kok. PKB senang saja bila demokrat bisa gabung dan ikut mendukung," kata Daniel kepada wartawan, Jumat (21/7/2023).

Meski begitu, kata dia, dirinya menilai, Demokrat masih solid bersama PKS dan Nasdem di Koalisi Perubahan untuk Persatuan dalam mengusung Anies Baswedan sebagai bakal capres.

"Dan rasanya masing-masing merasa solid di koalisinya," ujarnya. 

Sebelumnya, Anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat Syarief Hasan mengatakan, pihaknya membuka peluang untuk bekerja sama dengan Partai Gerindra bila Pilpres 2024 berlangsung dua putaran. 

Namun, dirinya saat ini tetap berkomitmen untuk bersama Koalisi Perubahan untuk Persatuan yang terdiri dari PKS dan Nasdem dalam menyongsong gelaran pesta demokrasi nanti.

Baca Juga: PKB Tak Ambil Pusing Gerindra Temui Demokrat, Ketua DPP: Kalau Komunikasi Hak Parpol Silahkan

“Itu bisa terjadi (kerja sama di Demokrat-Gerindra di putaran kedua), (tapi) kita enggak tahu,” kata Syarief seperti dikutip dari Kompas.com, Jumat (21/7/2023).

“Karena kan kita perkirakan bahwa mudah-mudahan pilpres ini satu putaran. Tapi kan sulit, karena kan tiga pasang kita prediksi, karena tiga pasang kan dinamikanya sangat tinggi itu,” sambungnya. 



Sumber : Kompas TV/Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x