Kompas TV nasional peristiwa

IG Wamenag yang Diganti Jokowi Gegara Permintaan Partai: Yakinlah Hidup Memang Penuh Rintangan

Kompas.tv - 17 Juli 2023, 10:32 WIB
ig-wamenag-yang-diganti-jokowi-gegara-permintaan-partai-yakinlah-hidup-memang-penuh-rintangan
Wakil Menteri Agama (Wamenag) Republik Indonesia (RI) Zainut Tauhid Saadi menyampaikan penetapan 1 Zulhizah 1443 Hijriah pada Jumat (1/7/2022). (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Iman Firdaus | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS. TV - Presiden Joko Widodo telah melakukan pelantikan menteri dan sejumlah wakil menteri. Salah satu wakil menteri yang diganti adalah Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi. Alasan  Zainut diganti, kata Jokowi, itu karena permintaan partai. "Permintaan partai," kata Jokowo di Istana Negara, usai pelantikan, Senin (17/7/2023). 

Seperti diketahui, Zainut Tauhid Sa'adi adalah politikus dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Dan penggantinya adalah Saiful Rahmat Dasuki juga dari PPP.

Baca Juga: Buntut Insiden Penembakan di Gedung MUI, Wamenag Minta Kepolisian Jaga Tempat Ibadah hingga Kantor

Sehari sebelum Jokowi mengumumkan pergantian dirinya, Zainut mengunggah video dan kutipan di akun Instagramnya (IG). Dalam video yang dibagikan, Zainut mengunggah kedekatannya dengan seorang bocah kecil yang memakaikan peci ke kepalanya. Lalu ada kutipan  berbunyi, "Yakinlah hidup memang penuh rintangan, kesedihan, dan ujian. Tanpa semua itu, kamu tak akan pernah merasakan kebahagiaan yang sesungguhnya...


jangan berkeluh kesah, apa pun yang hilang darimu, kembali juga padamu dalam wujud yang lain" (Maulana Jalaluddin ar-Rumi)'" kata Zainut dilihat di akun IG, Senin (17/7/2023) .

Profil Saiful Rahmat Dasuki

Sebelum menjabat sebagai Wakil Menteri Agama, Saiful adalah Ketua DPW PPP DKI Jakarta untuk periode 2021-2026, sebuah posisi yang dia dapatkan dari Musyawarah Wilayah pada Mei 2021. Dia juga telah memimpin sebagai Ketua DPC PPP Jakarta Selatan.

Namun karir politiknya bukan hanya terbatas pada PPP. Saiful juga sempat menjabat jadi Ketua Pimpinan Wilayah GP Ansor Jakarta dan Ketua Pengurus Pusat GP Ansor.

Baca Juga: Wamenag Zainut Tauhid Siap Tangani Masalah Radikalisme

Beberapa jam sebelum pelantikan berlangsung Akun ansor.jakarta telah menyampaikan ucapan selamat kepada Saiful atas jabatannya yang baru sebagai Wakil Menteri Agama RI untuk periode 2023-2024.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x