Kompas TV nasional peristiwa

Bukan Rabu Pon, Kali Ini Jokowi Rombak Kabinet Senin Wage Jelang 1 Suro

Kompas.tv - 17 Juli 2023, 07:55 WIB
bukan-rabu-pon-kali-ini-jokowi-rombak-kabinet-senin-wage-jelang-1-suro
Presiden Jokowi saat memberikan arahan dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Relawan ABJ di Hotel Grand Savero, Kota Bogor, Jawa Barat, Sabtu (15/7/2023). (Sumber: Tangkapan layar tayangan Kompas TV)
Penulis : Iman Firdaus | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV - Presiden Joko Widodo dikabarkan bakal melantik sejumlah pejabat baru, bagian dari perombakan kabinet yang pernah dijanjikannya. Salah satu yang disebut adalah Ketua Umum Pro Jokowi (Projo) Budi Arie Setiadi menjadi Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) menggantikan Johnny G Plate terjerat kasus dugaan korupsi BTS Kominfo. 

Dikutip dari Kompas.id, sumber terkonfirmasi Minggu (16/7/2023), membenarkan rencana perombakan kecil kabinet karena kebutuhan dan kekosongan jabatan itu. "Tetapi, saya tidak boleh membocorkan siapa-siapanya," ungkap sang pejabat.

Baca Juga: Pengamat Politik Paramadina Menyebut Dua Alasan Jokowi Tak Rombak Kabinet Besar-besaran

Sementara itu, Menteri Sekretaris Negara Pratikno yang dihubungi membenarkan adanya pelantikan kabinet oleh Presiden Jokowi pada Senin pukul 10.00. 

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey T Machmuddin juga membenarkan pelantikan tersebut. 


"Benar besok pagi (Senin) akan ada pelantikan oleh Bapak Presiden. Tapi, untuk jabatan apa dan siapa yang akan dilantik, kita lihat besok bersama di Istana Negara,” ujar Bey, sebagaimana dikutip dari pesan pendek grup WhatsApp wartawan Istana, Minggu.

Perombakan kabinet kali ini berbeda dari sebelumnya, yang biasa dilakukan pada Rabu Pon, hari dalam hitungan kalender Jawa. 

Baca Juga: Isu Reshuffle Rabu Pon Menguat, Airlangga Bertemu Surya Paloh di Markas Golkar

Kali ini dilakukan pada Senin (17/7/2023) jatuh pada Senin Wage.

Sementara Rabu (19/7/2023) bertepatan dengan 1 Muharram atau 1 Suro dalam kalender Jawa.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x