Kompas TV nasional politik

Partai Demokrat Bikin 3 Gagasan Perubahan dan Perbaikan Program Infrastruktur untuk Masa Depan

Kompas.tv - 15 Juli 2023, 00:00 WIB
partai-demokrat-bikin-3-gagasan-perubahan-dan-perbaikan-program-infrastruktur-untuk-masa-depan
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY. (Sumber: Humas DPP Partai Demokrat. )
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - DPP Partai Demokrat berharap program infrastruktur ke depan tidak mengandalkan utang yang membebani Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menjelaskan, perlu ada perubahan dan perbaikan di program infrastruktur yang sedang digagas pemerintah.

AHY mengakui pembangunan infrastruktur memang penting dan Demokrat akan melanjutkan program tersebut. Akan tetapi dalam menjalaninya perlu ada perubahan dan perbaikan. 

Pertama, pilih dan prioritaskan infrastruktur apa yang diperlukan dengan tahapan rasional. Kedua pastikan pembiayaan tersedia, baik dari APBN maupun non-APBN.

"Kerangka pembiayaan bersama atau pembiayaan penuh dari swasta juga sebuah pilihan. Jika harus berutang, utang itu bukan komponen terbesar, ukur kemampuan keuangan kita. Jangan besar pasak daripada tiang," ujar AHY dalam pidato politiknya di Breakingnews KOMPAS TV, Jumat (14/7/2023).

Baca Juga: Kritik Pembangunan, Anies Bandingkan Nyala Lampu Malam Hari India Lebih Merata dari Indonesia

AHY menambahkan perubahan dan perbaikan program infrastruktur ketiga yakni pastikan infrastruktur yang dibangun memiliki keseimbangan antar sektor, nasional dan daerah serta kota dengan desa. 

Hal ini untuk mencegah ketimpangan infrastruktur kota dan desa.

"Demokrat berpendapat Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri perlu dihidupkan lagi. Pastikan dana desa cukup serta sesuai dengan kebutuhan desa yang bersangkutan," ujar AHY. 

Lebih lanjut AHY menegaskan peningkatan SDM juga penting untuk dimasukkan dalam pembangunan nasional. Hal ini dikarenakan SDM adalah kunci kemajuan negara.

Pendidikan yang berkualitas harus dirancang dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Sekolah dan madrasah yang rusak jangan dibiarkan.

Baca Juga: Pembangunan 36 Infrastruktur di IKN Capai 29 Persen

Kemudian infrastruktur fasilitas kesehatan, kualitas dan kemudahan pelayanan juga menjadi bagian yang perlu ditingkatkan.

"Karena itu hidupkan kembali dan tingkatkan program prorakyat di bidang pendidikan dan kesehatan era Presiden SBY, seperti Bantuan Operasional Sekolah, beasiswa bidik misi, beasiswa santri, beasiswa LPDP, BPJS Kesehatan dan lainnya," ujar AHY.


 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x