Kompas TV nasional peristiwa

Dokter dan Tenaga Kesehatan Demo Kepung DPR Hari Ini, Tolak Pengesahan RUU Kesehatan

Kompas.tv - 11 Juli 2023, 08:34 WIB
dokter-dan-tenaga-kesehatan-demo-kepung-dpr-hari-ini-tolak-pengesahan-ruu-kesehatan
Sejumlah peserta aksi damai yang terdiri dari tenaga kesehatan dan tenaga medis mencoba menurunkan spanduk yang bertuliskan dukungan terhadap RUU Kesehatan yang dipasang di depan kantor Kementerian Kesehatan di Jakarta, Senin (8/5/2023). (Sumber: Kompas.id/Deonisia Arlinta)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Aksi demonstrasi oleh dokter dan tenaga kesehatan atau nakes bakal digelar di depan Gedung DPR RI, Jakarta, pada hari ini, Selasa (11/7/2023).

Demonstrasi tersebut dilakukan sebagai bentuk penolakan terhadap pengesahan RUU Kesehatan menjadi undang-undang yang rencananya akan dilakukan lewat sidang paripurna DPR RI. 

Mereka yang terlibat dalam aksi demo kali ini ialah organisasi yang terdiri atas Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), Ikatan Bidan Indonesia (IBI), Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) dan Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI).

Baca Juga: Hari Ini DPR Akan Sahkan RUU Kesehatan dan Revisi Undang-Undang Desa

Demonstrasi yang akan dikoordinir oleh organisasi PPNI ini diketahui mengusung tema 'Selamatkan Kesehatan Rakyat Indonesia'.

Adapun Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI mengagendakan Rapat Paripurna Pengambilan Keputusan Rancangan Undang-Undang (RUU) Kesehatan pada Selasa (11/7/2023) siang.

"Benar, agenda Rapat Paripurna RUU Kesehatan digelar besok, sesuai dengan undangan yang kami terima," kata Anggota Komisi IX Saleh Daulay saat dikonfirmasi.

Sesuai dengan surat undangan Rapat Paripurna bernomor B/288/PW.11.01/7/2023 yang ditandatangani Kepala Biro Persidangan DPR RI Arini Mijayanti, Paripurna RUU Kesehatan digelar di Ruang Rapat Paripurna Gedung Nusantara II DPR RI, Jakarta Pusat, pukul 12.30 WIB.

Baca Juga: Sama-sama Sebuah Ikatan Dokter, Kenapa IDI Menolak dan PDSI Setuju RUU Kesehatan ? | DUA ARAH

Agenda rapat diisi dengan pembicaraan tingkat II atau pengambilan keputusan terhadap RUU Kesehatan.

Dikonfirmasi secara terpisah, Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI Siti Nadia Tarmizi mengatakan telah menjadwalkan kehadiran Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin dalam Rapat Paripurna tersebut.

"Pak Menkes hadir. Sementara ini baru beliau yang konfirmasi hadir selain pejabat lainnya di lingkup Kemenkes RI," kata Nadia.

Sementara itu, anggota Komisi IX DPR Netty Prasetiyani Heryawan mengatakan tidak ada perubahan dalam draf RUU setelah disepakati dalam pembahasan tingkat I.

"Posisinya tetap seperti saat dibicarakan di Komisi IX," kata Netty.

Baca Juga: RUU Kesehatan Sepakat Dibawa ke Paripurna, Dua Parpol Pendukung Anies Baswedan Menolak



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.