Kompas TV nasional peristiwa

Cuaca BMKG: Hujan Lebat Guyur Sebagian Besar Kota Besar di Indonesia Hari Ini Rabu 5 Juli

Kompas.tv - 5 Juli 2023, 07:24 WIB
cuaca-bmkg-hujan-lebat-guyur-sebagian-besar-kota-besar-di-indonesia-hari-ini-rabu-5-juli
Ilustrasi hujan lebat. (Sumber: scroll.in)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sebagian kota besar di Indonesia dilanda hujan dengan intensitas lebat hari ini, Rabu (5/7/2023).

Cuaca ini didorong oleh proses konvergensi dan konfluensi yang terjadi di Laut China Selatan dan Papua Barat.

"Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sepanjang daerah konvergensi atau konfluensi tersebut," ungkap Prakirawan BMKG Marlin Denata dikutip dari Antara.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Jabodetabek Hari Ini Rabu 5 Juli 2023

Hujan turun siang hari

Data BMKG menunjukkan bahwa siang ini, hujan ringan mulai mengguyur kota-kota seperti Denpasar, Serang, Jambi, Bandung, Banjarmasin, Palangka Raya, Ambon, Manokwari, Pekanbaru, dan Mamuju.

Sementara itu, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat diperkirakan terjadi di Pontianak, Tanjung Pinang, Pangkal Pinang, Bandar Lampung, dan Medan.

Bengkulu, Yogyakarta, Semarang, Ternate, Mataram, Jayapura, Pekanbaru, dan Kendari diprediksi mengalami cuaca berawan.

Baca Juga: BMKG: Sejumlah Kota Besar Indonesia Berpotensi Hujan Meski Musim Kemarau Mulai Tiba

Sedangkan, cuaca cerah berawan berpotensi terjadi di Tarakan, Samarinda, Surabaya, Gorontalo, dan Jakarta Pusat, dan cuaca cerah terfokus di Banda Aceh.


Malam hari berawan

Malam hari, hujan yang telah turun sepanjang siang masih akan berlangsung dengan intensitas ringan di Jambi, Bandung, Pontianak, Banjarmasin, Manokwari, dan Mamuju. Hujan ringan juga berpotensi terjadi di Pekanbaru dan Semarang.

BMKG memprakirakan cuaca berawan akan melanda Denpasar, Serang, Yogyakarta, Jakarta Pusat, Gorontalo, Surabaya, Palangka Raya, Tanjung Pinang, Ambon, Ternate, Mataram, Jayapura, Makassar, Manado, Padang, dan Palembang.

Baca Juga: Kemarau Panjang, Ganjar: Cukup Berbahaya Harus Siapkan Diri

Sementara itu, Banda Aceh, Bengkulu, Samarinda, Pangkal Pinang, Kupang, Kendari, dan Medan berpeluang mengalami cuaca cerah berawan.

Cuaca cerah di malam hari hanya diprediksi terjadi di Tarakan dan ada kabut di Lampung.

Suhu harian diprediksi berkisar antara 20 hingga 35 derajat Celcius dengan kelembaban udara antara 55 hingga 100 persen.



Sumber : Antara, BMKG


BERITA LAINNYA



Close Ads x