Kompas TV nasional peristiwa

BMKG: Cuaca Ekstrem Mengancam Beberapa Wilayah di Indonesia Hari Ini 3 Juli 2023

Kompas.tv - 3 Juli 2023, 07:27 WIB
bmkg-cuaca-ekstrem-mengancam-beberapa-wilayah-di-indonesia-hari-ini-3-juli-2023
Ilustrasi. Waspada cuaca ekstrem di wilayah DIY 10-12 Oktober 2022 berpotensi menyebabkan banjir dan tanah longsor. (Sumber: Antaranews)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan peringatan dini terkait potensi hujan lebat dengan kecepatan lebih dari 50 milimeter yang berpotensi menerjang beberapa wilayah di Indonesia pada hari ini, Senin (3/7/2023).

Sebagaimana dikutip berdasarkan data di situs BMKG, wilayah yang berpotensi mengalami hujan lebat antara lain Aceh, Sumatera Utara, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara Barat.

Tidak hanya hujan lebat, BMKG juga memperingatkan akan adanya angin kencang dengan kecepatan lebih dari 45 kilometer per jam. Wilayah yang berpotensi yakni Bengkulu, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Utara dan Kalimantan Selatan.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Hari Ini untuk Wilayah Jabodetabek: Jakarta Cerah, Bogor Hujan

Selain itu, potensi hujan disertai kilat atau petir juga perlu diwaspadai oleh wilayah Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung dan Lampung.


 

Peringatan serupa juga berlaku untuk wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Maluku Utara dan Papua Barat.

Sementara itu, BMKG juga memperingatkan tentang potensi kebakaran hutan di wilayah Aceh dan Kalimantan Tengah.

Baca Juga: Ini Penjelasan Kepala BMKG Soal Gempa Magnitudo 6,0 Bantul Yogyakarta

BMKG terus memberikan imbauan kepada seluruh pihak agar tetap waspada terhadap kondisi cuaca dan selalu menjaga keselamatan.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x