Kompas TV nasional peristiwa

Pesan Jokowi ke Polri: Jangan Ada Lagi Persepsi Tajam ke Bawah Tumpul ke Atas

Kompas.tv - 1 Juli 2023, 22:30 WIB
pesan-jokowi-ke-polri-jangan-ada-lagi-persepsi-tajam-ke-bawah-tumpul-ke-atas
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memberikan amanat dalam upacara HUT Bhayangkara ke-77 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Sabtu (1/7/2023). (Sumber: YouTube Sekretariat Presiden)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo atau Jokowi berpesan ke Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) untuk meningkatkan kualitas penegakan hukum agar tidak ada lagi persepsi tajam ke bawah, tumpul ke atas.

Hal tersebut disampaikan Presiden Jokowi saat memberikan amanat dalam upacara HUT Bhayangkara ke-77 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Sabtu (1/7/2023).

"Semua program pemerintah butuh dukungan Polri. Saya perlu tekankan, kewenangan Polri itu besar, kekuatan Polri itu juga besar. Ini harus digunakan secara benar, jangan ada yang disalahgunakan," kata Jokowi.

"Jangan ada lagi persepsi tajam ke bawah tapi tumpul ke atas."

"Masyarakat membutuhkan rasa aman, rasa keadilan, rasa diayomi. Saya minta Polri jangan abaikan ini," tutur Jokowi.

Lebih lanjut, Presiden Jokowi juga meminta Polri untuk memberikan layanan terbaik bagi semua masyarakat di semua lini di tengah tantangan yanh semakin berat.

Selain itu, Jokowi juga ingin Polri semakin sigap untuk mengantisipasi berbagai tindakan kriminal yang semakin bervariasi di tengah kemajuan teknologi.

"Polri harus mampu memberikan kepastian perlindungan, kepastian hukum, kepastian berusaha bagi masyarakat dan pengusaha," lanjutnya.

Baca Juga: Jokowi Wanti-Wanti Polri: Tidak Boleh Ada Blok-blokan, Tidak Boleh Ada Patron-patronan

"Tantangan Polri ke depan semakin berat. Masalah kamtibmas harus dikawal ketat. Penanganan isu harus dikawal cepat. Program prioritas nasional dan pembangunan IKN harus dikawal secara serius."

"Kualitas layanan harus ditingkatkan, kejahatan dengan teknologi canggih harus diantisipasi."

"Semua ini butuh kesigapan dan kecepatan, butuh penguasaan teknologi dan inovasi, butuh komunikasi publik yang baik," ucap Jokowi.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Presiden Jokowi hadir dalam perayaan HUT Bhayangkara ke-77 di GBK pada Sabtu (1/7/2023) sore.

Jokowi hadir dan bertugas menjadi inspektur upacara dalam peringatan tersebut.

Polri sendiri dalam HUY Bhayangkara ke-77 ini mengusung tema 'Polri Presisi Untuk Negeri Pemilu Damai Menuju Indonesia Maju'.

Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Pol Nurul Azizah menjelaskan, tema tersebut memiliki makna bahwa Indonesia mempunyai kekayaan dan keberagaman budaya, suku, dan agama.

Keragaman itu kemudian menyatu dalam Bhinneka Tunggal Ika yang didukung oleh sinergitas TNI-Polri untuk menjaga dan mempertahankan persatuan dan kesatuan dalam menciptakan Pemilu Damai Menuju Indonesia Maju. 

Baca Juga: Kapolri Listyo Sigit Minta Maaf Jika Polisi Menyakiti Hati Masyarakat


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x