Kompas TV nasional peristiwa

Aksi Hewan Kurban Sebelum Disembelih: Kabur, Nyemplung Got, hingga Seruduk Pintu Minimarket

Kompas.tv - 29 Juni 2023, 13:07 WIB
aksi-hewan-kurban-sebelum-disembelih-kabur-nyemplung-got-hingga-seruduk-pintu-minimarket
Seekor sapi kurban tercebur di dalam selokan parit sedalam sekitar tiga meter di Jalan Ketintang Madya No. 88, Surabaya, sekitar pukul 17.30 WIB, Rabu (28/6/2023). (Sumber: Tribun Jatim/Luhur Pambudi)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Momen Hari Raya Iduladha 1444 H/2023 diwarnai dengan berbagai aksi hewan kurban sebelum disembelih. Ada yang kabur, mengamuk, masuk ke dalam saluran got, hingga menyeruduk minimarket.

1. Sapi kabur dan ngamuk di Garut 

Di Kampung Panawuan, Garut, Jawa Barat, seekor sapi mengamuk usai terlepas dari ikatan, Rabu (28/6/2023). Dalam video yang viral di media sosial, tampak sapi itu berlarian tak tentu arah.

Sapi tersebut bahkan sempat menabrak mobil yang terparkir di sekitar lokasi penyembelihan. Para warga pun berlarian dan berusaha menangkapnya.

Setelah sempat masuk ke pekarangan rumah dan dikepung oleh warga sekitar, sapi tersebut berhasil ditangkap dan disembelih.

Baca Juga: Detik-Detik Sapi Kurban di Plumpang Ngamuk, Seruduk Pintu Minimarket hingga Pecah

Seekor sapi berwarna coklat mengamuk saat hendak disembelih panitia kurban di Garut, Jawa Barat, Rabu (28/6/2023). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)

2. Sapi nyemplung got

Seekor sapi kurban tercebur di dalam selokan parit sedalam sekitar tiga meter di Jalan Ketintang Madya No. 88, Surabaya, sekitar pukul 17.30 WIB, Rabu (28/6/2023). 

Sapi tersebut lari saat hendak dilepas dari kandang untuk dikirim ke pembeli. Evakuasi pun dilakukan usai pemilik sapi meminta bantuan pemadam kebakaran.

Evakuasi tersebut dilakukan dengan truk crane rescue. Sebab, bobot sapi cukup berat hingga mencapai 250 kilogram.


 

3. Tujuh sapi di Pekanbaru kompak kabur bersama-sama

Sebanyak tujuh ekor sapi kompak kabur bersama-sama dari Masjid Rahmatullah hingga ke Jalan Imam Munandar, Sail, Kota Pekanbaru, Riau, Rabu (28/6) malam. 

Seorang warga, Widiarso (39) mengatakan bahwa sapi tersebut lepas saat hendak diturunkan dari truk. Panitia kurban pun bergegas menangkap agar dapat disembelih pada Kamis (29/6).

Baca Juga: Kumpulan Momen Sapi Kurban Ngamuk Jelang Iduladha, Hingga Jatuh ke Kali

4. Sapi seruduk pintu minimarket

Seekor sapi di Plumpang, Jakarta Utara, lepas dan berlarian di jalan raya. Dalam video yang beredar, sapi tersebut tampak menghampiri sejumlah bangunan.

Sapi sempat masuk ke bangunan bimbingan belajar (bimbel) hingga membuat orang-orang panik. Tak hanya itu, sapi tersebut juga masuk ke minimarket dengan cara menyeruduk pintu. Alhasil, pintu kaca minimarket pun pecah.

Setelah dikejar warga, akhirnya sapi berbobot 500 kg tersebut berhasil diamankan.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x