Kompas TV nasional humaniora

Wapres: Rayakan Idul Adha 1444 H dalam Kesederhanaan, seraya Tetap Nyalakan Semangat Bantu Sesama

Kompas.tv - 28 Juni 2023, 14:44 WIB
wapres-rayakan-idul-adha-1444-h-dalam-kesederhanaan-seraya-tetap-nyalakan-semangat-bantu-sesama
Wakil Presiden (Wapres) Maruf Amin menyampaikan ucapan hari raya Idul Adha 1444 H/2023 kepada umat Islam. (Sumber: anal YouTube Wakil Presiden.)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wakil Presiden (Wapres) RI Ma'ruf Amin menyampaikan ucapan hari raya Idul Adha 1444 H/2023 kepada umat Islam.

Ia mengajak seluruh umat Islam untuk merayakan Idul Adha dalam kesederhanaan dan rasa syukur.

Ucapan ini disampaikan Ma'ruf dalam keterangan video yang diunggah dalam kanal YouTube Wakil Presiden, Rabu (28/6/2023).

"Saya ucapkan selamat Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah kepada umat Islam di manapun berada," kata Wapres.

"Mari kita rayakan Idul Adha tahun ini dalam kesederhanaan dan rasa syukur yang khidmat, seraya tetap menyalakan semangat untuk membantu sesama," jelasnya.

Ia menekankan keutamaan dari ajaran Idul Adha, yakni tentang pentingnya menjunjung tinggi kemanusiaan melalui berbagi kebahagiaan.

“Idul Adha mengajarkan tentang pentingnya menjunjung kemanusiaan dengan cara berbagi kebahagiaan oleh umat yang memiliki kelapangan," ujarnya.

"Nilai-nilai mulia dari Idul Adha terus relevan melintasi zaman dan patut untuk terus kita semaikan dalam kehidupan kita sehari-hari," imbuhnya.

Baca Juga: Pelaksanaan Shalat Iduladha di Masjid Istiqlal: Waktu, Imam, dan Khatib

Wapres kemudian menyontohkan bahwa keteladanan Nabi Ibrahim mengandung pesan mulia tentang keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT yang tidak bercela.

Keimanan dan ketakwaan Nabi Ibrahim `alaihi salam (AS), menurut Ma'ruf, harus menjadi teladan.

"Keteladanan Nabi Ibrahim AS, kepatuhannya kepada Allah SWT dan keikhlasannya untuk berkorban, sepatutnya menginspirasi umat untuk menjadi muslim yang utuh mengamalkan perintah Allah sepenuh hati demi kebaikan diri sendiri, masyarakat, bangsa dan negara," jelasnya.

Seperti diketahui, Wapres Ma'ruf Amin dan para Menteri Kabinet Indonesia Maju, serta sejumlah pejabat akan melaksanakan Salat Iduladha 1444 H/2023 M di Masjid Istiqlal pada Kamis besok (29/6).

Usai shalat, Wapres akan menyerahkan langsung sapi kurban kepada panitia Idul Adha di Masjid Istiqlal.

Baca Juga: Ini 5 Amalan Sunah Sebelum Salat Hari Raya Idul Adha 2023



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x