Kompas TV nasional hukum

Ketum PP Muhammadiyah Desak Pemerintah Agar Menertibkan Ponpes Al Zaytun

Kompas.tv - 28 Juni 2023, 12:30 WIB
ketum-pp-muhammadiyah-desak-pemerintah-agar-menertibkan-ponpes-al-zaytun
Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir usai Salat Iduladha di kampus Universitas Yogyakarta (UMY), Rabu (28/6/2023). Haedar meminta pemerintah menertibkan pondok pesantren (Ponpes) Al Zaytun. (Sumber: KompasTV/Michael Aryawan)
Penulis : Redaksi Kompas TV | Editor : Gading Persada

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua umum Pimpinan Pusat (Ketum PP) Muhammadiyah, Haedar Nashir, meminta pemerintah menertibkan pondok pesantren (Ponpes) Al Zaytun. Pasalnya, ponpes tersebut dinilai melenceng dari ajaran agama Islam, karena tidak sesuai dengan Al Quran dan sunah Nabi yang sahih.

Menurut Haedar, mayoritas umat Muslim dan organisasi Islam yang direpresentasikan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI), bahkan Kementerian Agama, sudah punya pandangan agar ada tindakan tegas terhadap ponndok pesantren Al Zaytun yang tidak sejalan dengan ajaran agama. 

Namun Haedar juga mengingatkan masyarakat untuk tidak bertindak sendiri sehingga menyebabkan perpecahan diantara sesama anak bangsa, dan mempercayakan penanganan pondok pesantren Al Zaytun yang dikomandoi Panji Gumilang itu pada pemerintah.

Baca Juga: Ramai soal Ponpes Al Zaytun, Menko PMK Sebutnya sebagai Komune: Punya Struktur Mirip Negara

"Kami percaya, nanti sesuai dengan tugas yang diemban Menko Polhukam, Mahfud MD, akan bertidak tegas, adil, dan merawat ketertiban bersama, agar keresahan ini tidak terus berlanjut," ujar Haedar usai Salat Iduladha di kampus Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Rabu (28/6/2023) pagi.

Lebih lanjut Haedar mempercayakan penanganan Al Zaytun ini kepada Menko Polhukam Mahfud MD. Menurutnya, Mahfud MD dapat bertindak dengan tegas untuk menjaga ketertiban bersama. 


"Nah bahkan Pemerintah Jabar sudah menyerahkan ke pusat maka kami percaya nanti sesuai dengan tugas yang diemban Menko Polhukam Bapak Mahfud MD akan bertindak yang tegas adil dan merawat ketertiban bersama agar keresahan ini tidak terus berlanjut," terangnya.

Baca Juga: Bareskrim Polri Dalami Laporan terhadap Panji Gumilang Sang Pimpinan Pondok Pesantren Al Zaytun

Haedar berharap masyarakat tindak bertindak sendiri-sendiri yang dikhawatirkan menimbulkan perpecahan.

"Saya percaya kita akan bisa menyelesaikan masalah ini dengan tegas dan objektif," tandas Haedar Nashir.

Penulis: Michael Aryawan



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.