Kompas TV nasional rumah pemilu

Siswono Yudo Husodo: Saya Tak Yakin Surya Paloh Pilih AHY Jadi Bakal Cawapres Anies

Kompas.tv - 23 Juni 2023, 10:07 WIB
siswono-yudo-husodo-saya-tak-yakin-surya-paloh-pilih-ahy-jadi-bakal-cawapres-anies
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) usai makan siang di Wisma Nusantara, Jakarta, Rabu (26/10/2022). (Sumber: Tatang Guritno/Kompas.com)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV - Mantan Ketua Dewan Pertimbangan Partai Nasdem Siswono Yudo Husodo menyebut, dirinya tak yakin Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh akan memilih Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai bakal cawapres Anies Baswedan. 

Hal ini menjawab pertanyaan apakah Surya Paloh akan memilih AHY menjadi bakal cawapres Anies di Pilpres 2024. 

"Saya tidak yakin, saya tidak yakin itu (AHY) pilihannya Pak Surya Paloh. Tidak yakin itu belum tentu benar," kata Siswono dalam program Rosi di Kompas TV, Kamis (22/6/2023). 

Baca Juga: Siswono Yudo Husodo: Pencapresan Anies oleh NasDem Membuat Hubungan Surya Paloh dan Jokowi Berjarak

Menurut dia, pilihan AHY menjadi pendamping Anies itu murni dorongan dari Demokrat. Sebab, PKS yang juga tergabung dalam Koalisi Perubahan untuk Persatuan dinilai tak seratus persen mendukungnya. 

"Kalau itu pilihannya Demokrat, saya yakin. Apakah itu pilihan PKS? Saya setengah yakin. Jadi kalau ditanya itu pilihan Surya Paloh, saya bisa mengatakan itu tidak 100 persen," ujarnya. 

Meski begitu, kata dia, dalam politik itu segala kemungkinan bisa terjadi. Oleh sebab itu, AHY menjadi bakal cawapres Anies dan disepakati oleh tiga partai politik itu terbuka peluangnya.

"Tapi apakah itu bisa menjadi kesepakatan bertiga? Bisa saja terjadi," ujarnya.


 

"Dalam politik itu pilihan-pilihan bisa pilihan optimal, tapi bisa juga setengah optimal. Jadi belum tentu juga tiga koalisi menyepakati satu nama dengan seratus persen. Bisa yang satu seratus persen, 50 persen, satu 30 persen. Tapi itu pilihan yang terbaik dari yang lain," ujarnya.

Sebelumnya, Anggota Tim Delapan Koalisi Perubahan untuk Persatuan Sudirman Said menyebut, Anies Baswedan tinggal mencari waktu terbaik untuk mengumumkan nama bakal cawapresnya.

Baca Juga: Siswono Yudo Husodo Blak-blakan soal Mundur dari Nasdem: Tidak Ada Kaitannya dengan Anies

Kemungkinan, waktu terbaik itu ialah usai kembali dari ibadah haji di tanah suci.

Sudirman juga menyebut, Anies telah memberitahukan nama bacawapres pilihannya kepada para ketua umum partai pendukung.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x