Kompas TV nasional hukum

Nasdem Yakin Anies Tak Deklarasi Bakal Cawapres Sebelum Berangkat Haji: Tidak Perlu Didorong-dorong

Kompas.tv - 20 Juni 2023, 07:24 WIB
nasdem-yakin-anies-tak-deklarasi-bakal-cawapres-sebelum-berangkat-haji-tidak-perlu-didorong-dorong
Bakal capres dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), Anies Baswedan, dalam konferensi pers usai perayaan Milad ke-21 Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di Istora Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (20/5/2023). (Sumber: ANTARA/Putu Indah Savitri)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV - Ketua DPP Partai Nasdem Taufik Basari meyakini bakal capres dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan Anies Baswedan tak akan mendeklarasikan bakal cawapresnya sebelum menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci. 

Menurut dia, tak ada urgensinya untuk mengumumkan pendamping Anies dalam waktu dekat. 

Baca Juga: Terkait Pertemuan AHY dan Puan, Anies: Ini Baik, Biasakan Silaturahmi Walau Beda Pandangan

“Kan berangkatnya Mas Anies tidak terlalu lama lagi, hitungan beberapa hari, artinya bisa iya, bisa tidak. Tapi kemungkinannya kecil ya kalau sebelum berangkat haji akan diumumkan ya,” kata pria yang karib disap Tobas di Gedung DPR, Jakarta, Senin (19/6/2023).

Ia mengimbau kepada anggota Koalisi Perubahan untuk Persatuan untuk tak mendesak mantan gubernur DKI Jakarta itu untuk segera mengumumkan bakal cawapresnya.

“Jadi tidak perlu didorong-dorong, dipaksakan harus sebelum berangkat haji dan dikait-kaitkan bahwa nama tersebut disebut untuk kemudian didoakan di tanah suci. Menurut saya sudahlah kita pisahkan antara ibadah dan politik,” ujarnya.

Tobas juga mengingatkan kepada seluruh anggota Koalisi Perubahan untuk Persatuan agar taat dengan komitmen mengenai penetapan bakal cawapres 2024.


 

“Karena kita sudah menyerahkan sepenuhnya kewenangan untuk menentukan, dan mengumumkan cawapres kepada mas Anies, tinggal kita nanti tunggu. Ya kapan Mas Anies merasa bahwa ada momentum yang tepat sesuai dengan dinamika politik yang ada, untuk segera mengumumkan cawapresnya,” kata Tobas.

Sebelumnya, Ketua Bappilu Partai Demokrat Andi Arief berharap Anies Baswedan mengumumkan bakal calon wakil presiden sebelum bertolak ke Tanah Suci.

Baca Juga: Anies Akui Maju Bacapres Jalannya Terjal: Tapi Justru yang Menanjak Bisa Mengantarkan ke Puncak

"Kalau saja Pak @aniesbaswedan tahun ini menjalankan ibadah haji, maka pengumuman capres-cawapres tepat dilakukan sebelum keberangkatan. Agar di tanah suci bisa dipanjatkan doa kemenangan. Tapi ini andai," kata Andi lewat akun Twitter-nya, Senin (19/6/2023).



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x