Kompas TV nasional politik

Pengamat: Pertemuan Puan dan AHY Tahap Awal Rekonsiliasi untuk Pilpres 2024 jika Terjadi 2 Putaran

Kompas.tv - 20 Juni 2023, 06:05 WIB
pengamat-pertemuan-puan-dan-ahy-tahap-awal-rekonsiliasi-untuk-pilpres-2024-jika-terjadi-2-putaran
Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Puan Maharani (kiri) bertemu Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY di Plataran Hutan Kota Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, Minggu (18/6/2023). (Sumber: ANTARA/Putu Indah Savitri)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pertemuan Puan Maharani dan Agus Harimurti Yudhoyono dinilai sebagai sinyal rekonsiliasi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dengan Partai Demokrat. 

Pengamat politik dari Universitas Paramadina Ahmad Khoirul Umam menjelaskan, pertemuan Puan dan AHY merupakan momentum besar. 

Sebab, selama hampir dua dekade, ada kebuntuan komunikasi antara PDIP dan Demokrat. Menurutnya, pertemuan dua tokoh tersebut menjadi simbol rekonsiliasi PDIP dan Demokrat.

Ahmad Khoirul juga meyakini, pertemuan Puan dan AHY bukan atas inisiatif sendiri. Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono disebutnya pasti mengetahui pertemuan tersebut. 

"Pertemuan ini bisa dimaknai sebagai sebuah menguatnya kekuatan rekonsiliasi, dan rekonsiliasi ini baru tahap awal penjajakan," ujar Ahmad Khoirul di program Sapa Indonesia Malam KOMPAS TV, Senin (19/6/2023).

Baca Juga: Pamer 'Kemesraan', Puan-AHY Saling Bawa Pesan dari Megawati dan SBY!

Lebih lanjut Ahmad Khoirul menilai, terlalu jauh jika pertemuan ini dikaitkan dengan proses kerja sama PDIP dan Demokrat di Pilpres 2024. 

Menurutnya, jika pertemuan Puan dan AHY dimulai di awal tahun 2023, maka tidak menutup kemungkinan akan terjadinya suatu kekuatan koalisi yang di dalamnya ada Demokrat dan PDIP.

Namun, bisa saja kerja sama PDIP dan Demokrat terwujud jika nantinya Pilpres 2024 menjadi dua putaran. 

"Per hari ini rasanya proses koalisi semakin matang. Meskipun ada dinamika, tetapi proses negosiasi, kompromi jauh lebih matang sebelum pertemuan Puan dan AHY. Untuk kepentingan politik taktis jangka dekat tidak mungkin, tapi jangka panjang memungkinkan. Bahkan jangka menengah jika ada putaran kedua memungkinkan adanya kerja sama PDIP-Demokrat," ujar Ahmad Khoirul. 

Sebelumnya, Ketua DPP PDIP Puan Maharani dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono bertemu di Senayan, Jakarta, Minggu (18/6/2023).

Baca Juga: Tanggapi Pertemuan Puan-AHY, Anies Baswedan: Bukan Berarti Renggang

Dalam pertemuan tersebut, Puan mengaku mendapat pesan dari ibunya, Megawati Soekarnoputri, untuk menciptakan suasana yang akrab dan kekeluargaan saat bertemu dengan AHY.

"Pesannya Ibu Mega ya ketemu hari ini, ketemu hari ini senyum, nggak boleh ketemunya berdua ini tegang-tegang," ujar Puan.

Senada dengan Puan, AHY pun mendapat pesan dari ayahnya, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), untuk melakukan pertemuan dengan baik. 

AHY juga bahkan berharap pertemuan antara dirinya dan Puan bisa membuat almarhumah ibunda Ani Yudhoyono, dan ayah Puan, almarhum Taufik Kiemas, tersenyum.

"Pesan Pak SBY, kebetulan kemarin juga baru ketemu dengan saya, sama-sama ziarah kami ke Taman Makam Pahlawan, kebetulan pusara Ibu Ani tidak jauh dari pusara Bapak Taufik Kiemas, beliau berdua bersahabat di masa hidupnya, dan tentunya mudah-mudahan, Al-Fatihah, di alamnya, di dunianya tersenyum melihat kebersamaan pagi hari ini," ujar AHY.


 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x