Kompas TV nasional peristiwa

Prakiraan Cuaca BMKG Hari Ini Senin 19 Juni, Sejumlah Kota Besar Dilanda Hujan Lebat dan Petir

Kompas.tv - 19 Juni 2023, 07:21 WIB
prakiraan-cuaca-bmkg-hari-ini-senin-19-juni-sejumlah-kota-besar-dilanda-hujan-lebat-dan-petir
Ilustrasi hujan lebat yang disertai petir. (Sumber: Pixabay)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sejumlah wilayah di Indonesia, terutama kota besar, mengalami hujan dengan intensitas ringan sampai lebat, yang disertai petir, hari ini Senin (19/6/2023).

Seperti dilaporkan dari situs BMKG, pada pagi hari, hujan ringan kemungkinan akan turun di Palangka Raya dan Samarinda. Sementara itu, Mamuju diperkirakan akan dilanda hujan dengan intensitas sedang.

Memasuki siang hari, hujan ringan berpeluang mengguyur wilayah Serang, Jakarta Pusat, Gorontalo, Palangka Raya, Ambon, Jayapura, Manokwari, dan Manado.

Baca Juga: BMKG Prediksi El Nino Terjadi di Indonesia, Apa Itu?

Kemudian Bandung, Ternate, dan Medan berpotensi terjadi hujan sedang, sementara Jambi, Banjarmasin, dan Pangkal Pinang diprediksi akan mendapat hujan disertai petir.

Pada malam hari, hujan ringan berpotensi menimpa Palangka Raya, Ambon, Pekanbaru, dan Mamuju.

Di Medan, diperkirakan hujan sedang. Sedangkan Bengkulu, Jambi, Tarakan, dan Palembang kemungkinan akan mendapat hujan lebat.

Baca Juga: BMKG Beberkan Penyebab Hawa Panas di Kaltim Hingga Agustus Mendatang

Hujan ringan masih akan turun di beberapa kota besar Indonesia pada Selasa (20/6/2023) dini hari, seperti Serang, Jambi, Samarinda, Bandar Lampung, Ambon, Pekanbaru, dan Mamuju.

Sementara hujan sedang diperkirakan akan melanda Gorontalo.

Penduduk di daerah yang diprakirakan akan mengalami hujan dengan intensitas sedang hingga lebat harus meningkatkan kewaspadaan mereka guna menghadapi kemungkinan terjadi genangan atau banjir.

Baca Juga: Cuaca Panas Ekstrem di Kota Padang, Warga Kesulitan Dapat Air Bersih!



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x