Kompas TV nasional peristiwa

BMKG Imbau Masyarakat Waspada Potensi Cuaca Ekstrem Hari Ini 13 Juni

Kompas.tv - 13 Juni 2023, 07:14 WIB
bmkg-imbau-masyarakat-waspada-potensi-cuaca-ekstrem-hari-ini-13-juni
Ilustrasi hujan lebat terjadi di daerah Jakarta Pusat. (Sumber: KOMPAS.com/SINGGIH WIRYONO)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis prakiraan cuaca hari ini, Selasa (13/6/2023). Masyarakat diimbau untuk selalu siaga dan waspada terhadap potensi cuaca ekstrem yang berpotensi muncul hari ini.

Mengutip dari Instagram resmi BMKG (@infobmkg), berikut adalah prakiraan cuaca untuk beberapa wilayah di Indonesia hari ini Selasa, 13 Juni 2023.

Pulau Sumatra secara umum akan mengalami hujan ringan, dengan beberapa daerah seperti Sumatra Selatan, Bengkulu, Sumatra Barat, Bangka Belitung, Jambi, Kepulauan Riau, Riau, dan Sumatra Utara berpotensi hujan sedang.

Baca Juga: BMKG Beberkan Penyebab Hawa Panas di Kaltim Hingga Agustus Mendatang

Di Jawa, cuaca umumnya cerah berawan, namun Jawa Tengah berpotensi hujan sedang.

Sementara itu, wilayah Bali, NTB, dan NTT diperkirakan cerah berawan.

Kalimantan akan mengalami hujan ringan secara umum, dengan potensi hujan sedang di Kalimantan Tengah dan Kalimantan Barat.

Sedangkan di Sulawesi, meski umumnya hujan ringan, namun Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Utara, dan Gorontalo berpotensi hujan sedang, serta Sulawesi Tengah berpotensi hujan lebat.

Baca Juga: El Nino Diprakirakan Terjadi Juli hingga Akhir Tahun, BMKG Imbau Masyarakat Hemat Air

Di kawasan Maluku dan Papua, meski secara umum hujan ringan, namun Papua, Maluku, Maluku Utara, dan Papua Barat berpotensi hujan lebat.

BMKG juga mengingatkan daerah-daerah yang perlu waspada terhadap potensi cuaca ekstrem, seperti hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang.

Wilayah yang berpotensi mengalami cuaca ekstrem hari ini di wilayah Sumatra Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatra Selatan, Bangka Belitung, Banten, Jawa Barat, dan di beberapa wilayah Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua.

Baca Juga: BMKG: El Nino Ancam Sektor Pertanian Indonesia, Puncaknya Juli hingga September 2023

Kemudian wilayah Sumatra Utara, Kepulauan Riau, Lampung, Jawa Timur, dan Sulawesi Selatan juga berpotensi mengalami hujan disertai kilat/petir dan angin kencang.

Sementara Nusa Tenggara Barat perlu waspada terhadap angin kencang.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x