Kompas TV nasional rumah pemilu

Andi Arief: Jika Anies memilih AHY sebagai Bakal Cawapres, Apakah Nasdem Akan Cabut dari Koalisi?

Kompas.tv - 9 Juni 2023, 08:38 WIB
andi-arief-jika-anies-memilih-ahy-sebagai-bakal-cawapres-apakah-nasdem-akan-cabut-dari-koalisi
Kepala Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Demokrat Andi Arief usai diperiksa Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Selasa (10/5/2022). (Sumber: KOMPAS.com / IRFAN KAMIL)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV - Ketua Bappilu DPP Partai Demokrat Andi Arief mempertanyakan sikap Nasdem yang terkesan menyudutkan partainya ihwal pemilihan bakal cawapres Anies Baswedan di Pilpres 2024 mendatang. 

Hal ini menanggapi pernyataan Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Nasdem Ahmad Ali yang menuding Partai Demokrat tengah mengancam akan hengkang jika ketua umumnya, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) tak terpilih menjadi pendamping Anies di pesta demokrasi. 

Ia menyebut, tudingan itu terkesan bila partai besutan Surya Paloh itu tak rela bila AHY dipilih Anies untuk menjadi bakal cawapresnya. 

Baca Juga: PKS Dukung Sikap Demokrat yang Desak Anies Segera Umumkan Nama Bakal Cawapres

Bahkan, dirinya meragukan kesetiaan Nasdem apakah masih akan tergabung dengan Koalisi Perubahan untuk Persatuan bila akhirnya Anies memilih AHY untuk berkompetisi di Pilpres 2024. 

"Menurut Mat Ali (Ahmad Ali) gertakan Demokrat hanya untuk memaksakan AHY menjadi bakal cawapres Anies dan akan cabut dari koalisi bisa membuat kita berbalik tanya pada beliau. Jika Anies memilih AHY apakah Nasdem akan cabut dari koalisi?" tulis Andi Arief dalam akun Twitter pribadinya @Andiarief__ dan Kompas TV sudah diizinkan untuk mengutipnya pada Jumat (9/6/2023). 


 

Sebelumnya, Ahmad Ali menuding Partai Demokrat tengah mengancam akan hengkang jika AHY tak dipilih menjadi bakal cawapres Anies Baswedan. 

“Sebenarnya berterus terang saja, kalau bukan AHY jadi wakil mau mundur. Bilang saja begitu,” ujar Ali pada Kompas.com, Kamis (8/6/2023). 

Ia mengatakan, jika Demokrat tidak berniat demikian, maka seharusnya partai berlambang mercy itu bisa mensosialisasikan Anies sebagai bakal calon presiden (capres) sejak saat ini. 

Baca Juga: Hasto PDI-P ke Koalisi Parpol Pro Anies: Tak Perlu Takut Dijegal Bila Berprestasi

Pasalnya, Ali mengklaim tak banyak melihat materi sosialisasi atau baliho Partai Demokrat yang berisi foto Anies. 

“Terus terang saya belum pernah melihat baliho Partai Demokrat, kader Partai Demokrat memasang foto Anies, kecuali fotonya AHY,” katanya.



Sumber : Kompas TV/Kompas.com



BERITA LAINNYA



Close Ads x