Kompas TV nasional politik

Berita dari PDI-P: Genggaman Jokowi ke Mega, Pemimpin Bernyali dan AHY Masuk Bursa Bacawapres Ganjar

Kompas.tv - 7 Juni 2023, 10:34 WIB
berita-dari-pdi-p-genggaman-jokowi-ke-mega-pemimpin-bernyali-dan-ahy-masuk-bursa-bacawapres-ganjar
Presiden Jokowi saat acara rakernas PDI-P di Jakarta, Selas (6/6/2023). (Sumber: Tangkapan layar KompasTV)
Penulis : Iman Firdaus | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Rapat kerja nasional (Rakernas) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) yang berlangsung sejak Selasa (6/6/2023) akan berakhir pada Kamis (8/6) besok. Ada tiga peristiwa yang terjadi cukup menarik perhatian dalam acara tersebut.

Pertama, saat Presiden Joko Widodo atau Jokowi terekam menggandeng tangan Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri sambil tersenyum lebar. Bahkan keduanya terlihat tampil akrab dalam balutan baju serba merah. 

Bakal capres PDI-P Ganjar Pranowo pun mengunggahnya di instagram miliknya. Ganjar membubuhi foto tersebut dengan keterangan atau caption yang isinya memuji sosok Jokowi dan Megawati.

"Duo panutan. Seiring sejalan," kata Ganjar.

Baca Juga: Soal Sosok Cawapres, Ganjar Pranowo di Rakernas PDIP: Sabar, Masih Ada Partai Ingin Gabung Bersama

Kabar yang kedua, adalah pesan Jokowi ke Ganjar agar menjadi pemimpin yang berani. “Kalau pemimpin ke depan seperti Pak Ganjar Pranowo, yang paling penting itu memang nyali itu nomor satu, berani itu nomor satu, berani dan punya nyali,” kata Jokowi.

Pernyataan itu disampaikan langsung di hadapan Ganjar, Megawati dan Puan Maharani selaku ketua Tim Pemenangan Ganjar yang sekaligus menjabat sebagai Ketua DPR RI.


Dan yang ketiga, secara cukup mengejutkan, Puan menyebutkan enam bakal calon pendamping Ganjar, salah satunya adalah Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono.

Dari 10 nama yang sudah masuk radar PDI-P, Puan membocorkan enam nama, yaitu Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Ketua  Umum Golkar Airlangga Hartarto, hingga Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY.

Baca Juga: Hasto Sebut di Rakernas PDIP akan Ada Kejutan dari Megawati

"Nama-nama itu ya masuk dalam peta yang ada di PDIP," kata Puan di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Selasa (6/6).


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x