Kompas TV nasional rumah pemilu

Nasdem Imbau Demokrat Tak Paksa Anies untuk Segera Umumkan Nama Bakal Cawapres

Kompas.tv - 6 Juni 2023, 11:20 WIB
nasdem-imbau-demokrat-tak-paksa-anies-untuk-segera-umumkan-nama-bakal-cawapres
Anies Baswedan saat menyampaikan pidato politik dalam kegiatan relawan Amanat Indonesia di Stadion Tenis Indoor Senayan, Jakarta, Minggu (7/5/2023). (Sumber: Tangkap Layar Kompas TV.)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS TV - Wakil Ketua Umum Partai Nasdem Ahmad Ali mengimbau Partai Demokrat tak menekan bakal capres dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan Anies Baswedan agar segera mengumumkan nama bakal cawapres di Pilpres 2024. 

Hal ini menanggapi pernyataan Ketua Bappilu Partai Demokrat Andi Arief yang mengultimatum akan mengevaluasi dukungan jika Anies tidak kunjung mendeklarasikan bakal cawapres pada bulan Juni ini. 

Baca Juga: DPP Demokrat Desak Anies Baswedan Segera Umumkan Bakal Cawapres

"Kita harus jaga kekompakan, melakukan konsolidasi, tidak usah cawe-cawe, cawapres biarkan Anies, mandat sudah diserahkan kepada dia," kata Ahmad Ali kepada wartawan, Selasa (6/6/2023). 

Menurut dia, berdasarkan kesepakatan dari masing-masing partai politik (parpol), yaitu tak ada batasan waktu kepada Anies untuk mengumumkan nama bakal cawapres di pesta demokrasi nanti.

"Tapi kalau selalu memberikan tekanan seperti itu, justru orang kemudian akan melihat bahwa ini semacam satu ancaman, tekanan. Padahal di koalisi itu tidak ada limitasi waktu kan untuk melaksanakan harus mendeklarasikan pasangan itu," ujarnya. 


 

Ali pun mengigatkan Andi Arief agar tunduk pada keputusan Ketum Umum (Ketum) yang tertuang di piagam kerja sama. 

Sebab, lanjut Ali, justru sikap seperti Andi Arief yang bisa menurunkan elektabilitas Anies dan partai pengusungnya.

Baca Juga: Golkar Disebut Untung Jika Koalisi Perubahan Batal, Bisa Usung Anies hingga Gertak Jadi Cawapres

Dalam piagam kerjasama itu disepakati kalau persoalan pemilihan bakal cawapres diserahkan sepenuhnya kepada Anies.

"Pak Andi harusnya memegang teguh apa yang ditandatangani, yang disepakati oleh Ketumnya di piagam koalisi," kata Ali.



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.