Kompas TV nasional rumah pemilu

Survei Indikator Politik: Elektabilitas Prabowo dan Ganjar Bersaing Ketat

Kompas.tv - 5 Juni 2023, 06:30 WIB
survei-indikator-politik-elektabilitas-prabowo-dan-ganjar-bersaing-ketat
Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto (Sumber: KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dalam survei Indikator Politik Indonesia yang dirilis Minggu (4/6/2023), elektabilitas Prabowo Subianto sebagai calon presiden (capres) mengungguli dua pesaingnya, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

Pada survei yang dilakukan untuk periode 26-30 Mei 2023, Prabowo unggul dengan angka keterpilihan sebanyak 38 persen.

Peneliti Utama Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi menyampaikan, angka tersebut membuat Prabowo lebih unggul dari Ganjar dan Anies.

"Pada simulasi 3 nama, Prabowo 38 persen, Ganjar 34,2 persen, dan Anies 18,9 persen," kata Burhanuddin dalam rilis survei Indikator Politik Indonesia yang tayang di YouTube bertajuk "Saling Salip Elektabilitas Bakal Capres & Cawapres Jelang 2024".

Sementara itu, Prabowo juga unggul dari kedua capres lain dari berbagai latar belakang pemilih.

Burhanuddin memaparkan, dari kalangan petani, peternak, dan nelayan, Prabowo memimpin 48,5 persen dari Ganjar berada di peringkat kedua dengan perolehan 29,7% dan Anies 6,1%.

“Dari sisi petani, peternak, nelayan ke Prabowo. Buruh kasar imbang antara Ganjar dan Prabowo,” paparnya.

Sedangkan pada kategori toko/grosir, wiraswasta, pengusaha dan kontraktor, Prabowo juga unggul dengan perolehan suara sebanyak 38,4%, Ganjar 34,9% sementara Anies 18,0%.

"Sementara, ibu rumah tangga beda tipis antara Prabowo dengan Ganjar dalam margin of error. Adapun yang masih sekolah atau kuliah ke Prabowo,” ujarnya.

Selain itu dari segi tingkat pendapatan, Prabowo masih unggul di semua kategori, yaitu pendapatan di bawah Rp1 juta per bulan hingga mereka yang berpendapatan Rp4 juta atau lebih per bulan.

Lalu pada kategori pelajar yang masih sekolah atau kuliah, Prabowo pun unggul perolehan suara sebesar 36,3%, sementara Ganjar 27,7%, dan Anies 25,4%

Baca Juga: Menhan Prabowo Hadiri Forum Kerja Sama Pertahanan Lintas Negara di Singapura

Prabowo Unggul Head to Head dengan Ganjar dan Anies




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x