Kompas TV nasional rumah pemilu

Ditanya soal Maju Sebagai Poros Keempat Pilpres 2024, Airlangga Hartarto: Kemungkinan selalu Ada

Kompas.tv - 4 Juni 2023, 18:39 WIB
ditanya-soal-maju-sebagai-poros-keempat-pilpres-2024-airlangga-hartarto-kemungkinan-selalu-ada
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menyampaikan hasil Rakernas Partai Golkar di kantor DPP Golkar, Jakarta, Minggu (4/6/2023). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ditanya wartawan terkait rencana maju sebagai poros keempat, Ketua Umum (Ketum) Partai Golongan Karya (Golkar) Airlangga Hartarto mengatakan bahwa kemungkinan tersebut selalu ada.

Usai menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai Golkar, Airlangga menjawab pertanyaan wartawan dalam konferensi pers di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Minggu (4/6/2023).

Saat ditanya apakah dirinya akan membuat poros baru dengan Ketum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan atau Zulhas, Airlangga tak membantah.

"Poros itu bisa 4, bisa 3, bisa 2," jawab Airlangga kepada wartawan, Minggu (4/6/2023).

"Kemungkinan selalu ada (saat ditanya membuat poros baru dengan Zulhas PAN -red)," imbuhnya.

Menurut Airlangga, hasil musyawarah nasional (munas), rapat pimpinan nasional (rapimnas) dan rapat kerja nasional Partai Golkar memutuskan bahwa pihaknya akan tetap mengajukan nama bacapres di Pilpres 2024.

"Hasil munas, hasil rapimnas, dan rakernas tetap mandatnya ada pada ketum Partai Golkar dan seluruh daerah tetap meminta Partai Golkar untuk maju menjadi (bakal) capres," ujarnya.

Baca Juga: 5 Hal yang Dibahas dalam Rakernas Golkar Hari Ini: Pilpres 2024 hingga Sistem Proporsional Terbuka

Penetapan bacapres dan bakal calon wakil presiden (bacawapres) yang akan diusung Partai Golkar, kata Airlangga, akan ditentukan oleh dirinya selaku ketum.

"Untuk pilpres, diberikan mandat kepada ketua umum untuk menetapkan capres-cawapres dan koalisi bersama Partai Golkar," ungkapnya.

Selain pilpres, Airlangga juga mengajak seluruh ketua umum ormas Hasta Karya dan ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) maupun Dewan Pimpinan Daerah (DPD) untuk memenangkan Golkar di pemilu legislatif (pileg) dan Pilkada.

"Baik itu oleh DPP, oleh ketua-ketua provinsi, ketua-ketua kabupaten, ketua-ketua kota dalam seluruh tingkatannya, seluruhnya berkewajiban untuk memenangkan Partai Golkar," tegasnya.

Rakernas Partai Golkar pada hari ini, Minggu (4/6/2023) digelar di Kantor DPP Golkar, Jakarta.

Rapat ini diikuti sekitar 450 peserta dari Pengurus DPP Partai Golkar, Anggota Fraksi Partai Golkar DPR RI non Pengurus DPP Partai Golkar, dan Ketua Badan/Lembaga DPP Partai Golkar.

Baca Juga: Airlangga Hartarto Minta Kader Golkar Bersiap di Pemilu 2024, Siapkan Cadangan jika Tak Serius

Kemudian, Ketua Umum Ormas Hasta Karya dan Organisasi Sayap; Ketua, Sekretaris, Wakil Ketua Bidang Organisasi Kaderisasi dan Keanggotaan; Wakil Ketua bidang Pemenangan Pemilu DPD Partai Golkar Provinsi se-Indonesia; dan Kepala Badan Saksi Nasional Partai Golkar Provinsi se-Indonesia.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x