Kompas TV nasional peristiwa

Prakiraan Cuaca Hari Ini, BMKG: Hujan Lebat Disertai Petir dan Angin Kencang, Waspada Rob di Pesisir

Kompas.tv - 4 Juni 2023, 08:52 WIB
prakiraan-cuaca-hari-ini-bmkg-hujan-lebat-disertai-petir-dan-angin-kencang-waspada-rob-di-pesisir
Ilustrasi hujan lebat disertai petir. Dalam prakiraannya untuk hari ini Minggu (4/6/2023) BMKG menyebutkan cuaca ditandai adanya hujan lebat disertai petir dan angin kencang di sejumlah wilayah Indonesia. (Sumber: Tribunnews.com)
Penulis : Redaksi Kompas TV | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Prakiraan cuaca hari ini, Minggu (4/6/2023) di wilayah Indonesia dikeluarkan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Dalam prakiraannya disebutkan, cuaca hari ini ditandai adanya hujan lebat disertai petir dan angin kencang di sejumlah wilayah Tanah Air.

Selain itu BMKG juga meminta kewaspadaan masyarakat yang tinggal di daerah pesisir terhadap kemungkinan munculnya rob.

Menurut siaran peringatan dini cuaca dari BMKG, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang berpotensi terjadi di bagian wilayah Provinsi Aceh, DKI Jakarta, Jambi, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara.

Baca Juga: Peringatan Dini BMKG: 17 Wilayah Terancam Cuaca Ekstrem Hari Ini

Bagian wilayah Provinsi Maluku, Papua, Papua Barat, Riau, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Sumatra Barat, Sumatra Selatan, dan Sumatra Utara juga diprakirakan mengalami hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang.

"Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dapat menimbulkan bencana alam seperti banjir dan tanah longsor. Angin kencang dapat menyebabkan pepohonan tumbang dan rumah warga rusak," tulis BMKG.


Waspada rob di pesisir

Selain itu, BMKG juga mengimbau masyarakat di daerah pesisir mewaspadai potensi banjir pesisir atau rob menyusul adanya fenomena fase bulan baru dan Perigee, ketika bulan berada di titik terdekat dengan bumi.

Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG Eko Prasetyo mengemukakan, fase bulan baru pada 3 Juni dan Perigee pada 6 Juni berpotensi meningkatkan tinggi pasang air laut maksimum.

Baca Juga: Info Cuaca Jakarta Hari Ini, Cerah Berawan Pagi hingga Malam

Kondisi tersebut, menurut Eko, dapat menimbulkan rob di pesisir Aceh, pesisir Sumatera Utara, pesisir Sumatera Barat, pesisir Lampung, pesisir Kepulauan Riau, dan pesisir Bangka Belitung.

Rob juga berpeluang melanda pesisir Banten, pesisir utara DKI Jakarta, pesisir Jawa Barat, pesisir Jawa Tengah, pesisir Jawa Timur, pesisir Bali, pesisir Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur, pesisir Kalimantan Barat, pesisir Kalimantan Tengah, pesisir Sulawesi Utara, pesisir Maluku, pesisir Maluku Utara, dan pesisir Papua Selatan.

Penulis: Gading Persada



Sumber : bmkg.go.id, Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x