Kompas TV nasional rumah pemilu

Sebut KIB Masih Ada, Zulkifli Hasan: Yang Satu Mimpinya Sudah PDI Perjuangan

Kompas.tv - 2 Juni 2023, 19:16 WIB
sebut-kib-masih-ada-zulkifli-hasan-yang-satu-mimpinya-sudah-pdi-perjuangan
Zulkifli Hasan sebut tujuan pokok silaturahmi jajaran elite PAN ke Kantor DPP PDIP, Jumat (2/6/2023 adalah membahas kontestasi Pilpres 2024. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan menjelaskan kondisi Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) saat ini.

Menurut Zulhas, sapaan akrab Zulkifli Hasan, KIB masih ada, meskipun satu anggota koalisi mimpinya sudah sama dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

“Bagaimana KIB sekarang? Masih, walaupun dua masih sama, yang satu mimpinya sudah PDI Perjuangan,” ucapnya dalam konferensi pers seusai pertemuan dengan jajaran elite PDIP di Kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (2/6/2023).

Dalam penjelasannya, Zulhas juga menjelaskan bahwa pihaknya tetap memegang etika dalam berpolitik, misalnya memberi tahu anggota KIB yang lain saat akan bertemu dengan elite partai politik di luar koalisi.

“Kami selalu, karena ada etika yang harus kita pegang, kerja sama jadi atau tidak, kita tetap harus baik, harus penuh persahabatan dan persaudaraan.”

Baca Juga: Pantun Hasto di Pertemuan PDIP dan PAN: Pergi Tamasya ke Dharmasraya

“Oleh karena itu, saya ke mana ke mari pasti kasih tahu KIB. Kami kasih tahu, saya kan ketemu PDI Perjuangan,” tuturnya.

Menjawab pertanyaan tentang apakah nama Erick Thohir juga masuk dalam pembahasan dengan PDIP hari ini, Zulhas menyebut pihakya tidak membicarakannya secara khusus.

“Bagaimana dengan Pak Erick? Kami tidak membahas secara khusus. Tapi walaupun enggak dibahas, masing-masing sudah memahami.”

“Tadi juga Mbak Mega sudah menjelaskan, tentu itu kewenangan dari PDI Perjuangan,” imbuhnya.

Sebelumnya, Zulhas menjelaskan bahwa tujuan pokok silaturahmi tersebut adalah membahas kontestasi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

 “Kami tadi sudah panjang diskusi terkait berbagai hal, mengenai kebangsaan kita, dan tentu juga tujuan pokok hari ini adalah kontestasi Pilpres 2024 mendatang,” tuturnya.

Zulkifli menuturkan, pertemuan antara elite PAN dan PDIP tersebut merupakan yang pertama kali.

Selanjutnya, kata Zulkifli, pihaknya akan membahas dan merapatkan hasil pertemuan tadi dengan internal PAN.

Baca Juga: Tiba di Kantor DPP PDIP, Megawati Siap Gelar Pertemuan dengan PAN

“Tapi ini kan pertemuan pertama. Setelah ini, sebagaimana partai politik, ada mekanismenya. Tentu habis ini kami akan rapat, akan membahas, nanti daerah-daerah juga kita undang nanti bagaimana selanjutnya.”

“Habis itu, Mbak Mega sudah ada tim juga kan. Setelah kami rapat, tentu akan komunikasi dengan tim yang telah dibentuk oleh PDI Perjuangan, dipimpin oleh Ibu Puan,” imbuhnya.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x