Kompas TV nasional rumah pemilu

Demokrat Tanggapi Mahfud MD: Isu Penjegalan Anies Tak Muncul dari Ruang Hampa

Kompas.tv - 2 Juni 2023, 13:31 WIB
demokrat-tanggapi-mahfud-md-isu-penjegalan-anies-tak-muncul-dari-ruang-hampa
Bakal capres Anies Baswedan menyapa jemaah seusai menunaikan ibadah salat Jumat di Masjid Al Akbar, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (17/3/2023). (Sumber: ANTARA/Ananto Pradana)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV - Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani mengatakan, Koalisi Perubahan untuk Persatuan yang terdiri dari partainya, Nasdem dan PKS solid untuk mengusung Anies Baswedan sebagai bakal capres di Pilpres 2024. 

Hal ini menanggapi pernyataan Menko Polhukam Mahfud MD yang berpesan agar Koalisi Perubahan untuk Persatuan menjaga soliditas sehingga tak ada yang saling menjegal. 

Baca Juga: Mahfud MD Bantah Ada Upaya Penjegalan Anies, NasDem: Semoga Sesuai Fakta

Menurut dia, dugaan Anies akan dijegal untuk maju dalam pesta demokrasi tak berasal dari internal koalisi, melainkan pihak eksternal. 

"Isu penjegalan (Anies), kriminalisasi dan sebagainya tak muncul dari ruang hampa. Indikasi-indikasinya ada," kata Kamhar kepada wartawan, Jumat (2/6/2023). 

Ia menjelaskan, berbagai daya dan upaya terus dilakukan untuk menjegal agar mantan gubernur DKI Jakarta itu tak maju sebagai bakal capres, termasuk mengganggu tiga partai politik (parpol) pengusung yang tergabung di Koalisi Perubahan untuk Persatuan. 

"Namun demikian, kami menghormati pernyataan Prof Mahfud MD untuk menjaga kekompakan koalisi," ujarnya.

Kamhar memastikan, Koalisi Perubahan untuk Persatuan sangat solid. 

Menurut dia, ketiga parpol itu memiliki konsep perjuangan yang sama dalam mewujudkan agenda-agenda perubahan untuk kehidupan rakyat yang lebih sejahtera, lebih maju, lebih aman, demokrasi yang berkualitas, serta hukum yang berkeadilan.

"Berbagai dinamika yang dihadapi, bukannya melemahkan tekad dan semangat koalisi dan Mas Anies, malah semakin menguatkan tekad dan semangat mewujudkan perubahan dan perbaikan sebagai ikhtiar menunaikan janji-janji kemerdekan," kata Kamhar.


 

Sebelumnya, Mahfud MD berpesan kepada seluruh parpol yang mendukung Anies untuk kompak mengusung mantan gubernur DKI Jakarta itu di Pilpres 2024 mendatang. 

Menurut dia, dengan kompaknya ketiga parpol itu, pencalonan Anies di Pilpres 2024 akan mulus, karena tak ada yang menjegal dari internalnya sendiri. 

"Saya katakan kepada dia, kamu harus usahakan didalam berbagai forum agar koalisi yang mendukung Anies itu kompak, agar Anies tidak dijegal oleh internalnya sendiri," kata Mahfud di Ende, Nusa Tenggara Timur, Kamis (1/6/2023). 

Baca Juga: Mahfud MD Pesan ke Parpol Koalisi Anies: Harus Kompak, Biar Tak Dijegal dari Internal Sendiri

Ia menyatakan, pemerintah tak akan pernah melakukan penjegalan terhadap setiap warga negara yang ingin maju sebagai bakal capres. 

"Kalau pemerintah enggak (menjegal), kita lindungi haknya," ujarnya. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x