Kompas TV nasional humaniora

5 Calon Haji Meninggal di Madinah, Dimakamkan di Kompleks Masjid Nabawi

Kompas.tv - 31 Mei 2023, 19:49 WIB
5-calon-haji-meninggal-di-madinah-dimakamkan-di-kompleks-masjid-nabawi
Arsip. Pengunjung berjalan di pelataran Masjid Nabawi di Madinah, Arab Saudi pada 5 Desember 2018. (Sumber: KOMPAS TV/Edy AP)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

MADINAH, KOMPAS.TV - Jumlah calon haji asal Indonesia yang meninggal dunia di Madinah, Arab Saudi bertambah menjadi lima orang per Rabu (31/5/2023). Jemaah kelima yang meninggal bernama Aminah Uyu Sunarta (64) berasal dari Kloter JKS 7.

Kepala Daerah Kerja Madinah Zainal Muttaqin menyampaikan, Aminah sempat dilarikan ke Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) sebelum meninggal.

Baca Juga: Kemenkes Ingatkan Jemaah Haji di Madinah, Cuaca Panas Kering Bisa Sebabkan Masalah Kesehatan

"Hingga hari ini kami mendapatkan informasi jemaah yang meninggal sudah lima orang. Semalam jemaah dari JKS 7 Ibu Aminah," kata Zainal Mutaqqin dikutip Antara, Rabu (31/5/2023).

"Berdasarkan informasi dari dokter yang menangani, beliau meninggal karena gangguan pernapasan. Kita mendoakan mudah-mudahan beliau husnul khatimah dan keluarga yang ditinggal sabar dan mendapat kebaikan dari apa yang dilakukan almarhumah," lanjutnya.

Rencananya, almarhumah akan dimakamkan di Baqi, kompleks Masjid Nabawi. Pemerintah Indonesia senantiasa mengupayakan jemaah haji Indonesia yang meninggal di Madinah dimakamkan di Baqi.

"Iya rencananya dimakamkan di Baqi. Kami akan konfirmasi ke KJRI terkait Ibu Aminah. Kami selalu berkoordinasi dengan pihak muassasah dan pengelola Masjid Nabawi atau idaroh kantor pemakaman di seputaran Masjid Nabawi. Saat ini semua yang empat (meninggal) sudah dimakamkan di Baqi," kata Zainal.

Sementara itu, Kasi Layanan Penghubung Kesehatan Daker Madinah dr Desnita mengonfirmasi bahwa Aminah meninggal karena gangguan pernapasan. 

"Usianya 64 tahun, penyebabnya respiratory disease atau pneumonia di King Fahd. Infeksinya bukan pernafasan biasa ya, ini di paru," kata Desnita.

Sebelumnya, empat calon haji asal Indonesia yang meninggal di Madinah adalah Suprapto Tarlim Kerto Wijoyo dari Kloter Embarkasi Solo 03, Achmad Suhandak Riduwan (53) dari Kloter 9 Embarkasi Surabaya, Lengen Delem Dussalam dari Kloter 1 Surabaya, dan Ibnu Sahid bin Dasir dari Madiun.

Baca Juga: Ada 4 Layanan Baru untuk Jemaah Haji Indonesia di Arafah dan Mina


 



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x