Kompas TV nasional peristiwa

Alm Prof Sarwono Kusumaatmadja Meninggal di Penang saat Jalani Pengobatan Kanker Paru-Paru

Kompas.tv - 26 Mei 2023, 21:46 WIB
alm-prof-sarwono-kusumaatmadja-meninggal-di-penang-saat-jalani-pengobatan-kanker-paru-paru
Menteri Eksplorasi Kelautan Indonesia kini Kementerian Kelautan dan Perikanan Kabinet Persatuan (1999-2001), Sarwono Kusumaatmadja. (Sumber: Dok. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan/Kompas.com)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Sarwono Kusumaatmadja meninggal dunia, Jumat (26/5/2023). 

Menteri Lingkungan Hidup Indonesia era Presiden ke-2 RI Soeharto ini sempat mendapat perawatan di RS Adventist, Penang, Malaysia karena mengidap kanker paru-paru.

Informasi yang diterima KOMPAS TV, almarhum menutup usia di RS Adventist, Malaysia Pukul 17.15 waktu setempat. 

Duta Besar Indonesia (Dubes RI) untuk Malaysia, Hermono membenarkan atas kabar duka Sarwono Kusumaatmadja.

Baca Juga: Kabar Duka, Eks Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Mohamad Taufik Meninggal Dunia

Hermono menjelaskan menteri Eksplorasi Kelautan Indonesia jaman Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid itu meninggal karena sakit setelah sempat menjalani perawatan di RS Adventist, Penang, Malaysia.

"Beliau wafat di RS Adventist, Penang tadi sore pukul 17.15 waktu Malaysia setelah dirawat beberapa hari di RS karena sakit," ujarnya saat dikonfirmasi, Jumat (26/5/2023). Dikutip dari Tribunnews.com. 

Hermono menjelaskan almarhum akan dimakamkan di Indonesia. Diperkirakan jenazah akan tiba di Jakarta Sabtu (27/5/2023) Pukul 15.00 WIB.

Jenazah akan disemayamkan di rumah duka di Jalan Balitung III, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Baca Juga: Kabar Duka, Mantan Ketua KY Jaja Ahmad Jayus Meninggal, Sempat Jadi Korban Pembacokan oleh OTK

Sebelum pemakaman jenazah akan disemayamkan di Gedung Manggala Wanabakti, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada Minggu pagi (28/5/2023). 

Semasa hidup Sarwono Kusumaatmadja pernah menjabat sebagai Menteri Eksplorasi Kelautan Indonesia kini Kementerian Kelautan dan Perikanan Kabinet Persatuan (1999-2001), Menteri Negara Lingkungan Hidup Kabinet Pembangunan VI (1993-1998).

Kemudian Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Kabinet Pembangunan V (1988-1993), dan Anggota DPR-RI (1971-1988).

Sarwono pernah berkiprah di Partai Golkar hingga tahun 1998 serta Partai Keadilan dan Persatuan (1999–2003).

Baca Juga: Profil Almarhum Sarwono Kusumaatmadja, Birokrat Era Soeharto sampai Gus Dur

Dalam pengabdiannya di pemerintahan Sarwono Kusumaatmadja mendapat tanda kehormatan Bintang Mahaputera Adipradana 12 Agustus 1992. 


 



Sumber : Kompas TV/Tribunnews

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.