Kompas TV nasional peristiwa

Terungkap Asal-usul Senjata Milik KKB, Mendagri Sebut Sebagian Rampasan dari Aparat yang Lengah

Kompas.tv - 25 Mei 2023, 13:18 WIB
terungkap-asal-usul-senjata-milik-kkb-mendagri-sebut-sebagian-rampasan-dari-aparat-yang-lengah
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian resmi melantik tiga Penjabat (Pj) Gubernur untuk Daerah Otonomi Baru (DOB) Papua, Jumat (11/11/2022). Tito menyebut sebagian besar senjata milik kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua merupakan hasil rampasan dari aparat keamanan yang lengah. (Sumber: Youtube Kemendagri RI/Nadia)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV – Sebagian besar senjata milik kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua merupakan hasil rampasan dari aparat keamanan yang lengah.

Penjelasan itu disampaikan oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian saat ditanya tentang asal senjata anggota KKB.

Menurut Tito, senjata ilegal yang dikuasai oleh anggota KKB ada yang merupakan hasil rampasan usai tembak menembak antara kelompok bersenjata Papua dengan aparat keamanan.

"Sebagian besar senjata-senjata itu adalah senjata rampasan dari aparat yang lengah," katanya, Kamis (25/5/2023) dikutip Antara.

Selain berasal dari rampasan, ada juga senjata ilegal KKB berasal dari daerah yang pernah berkonflik, seperti Konflik Ambon Bersenjata.

Sebab, senjata yang tersisa usai konflik dijual kembali.

Baca Juga: Prajurit TNI, Praka Jamaludin Gugur Ditembak KKB Pimpinan Numbuk Telenggen

"Senjata-senjata itu banyak yang sudah selesai konflik. Ini kan masih disimpan, itu dijual oleh yang berkonflik," tutur pensiunan jenderal polisi bintang empat itu.

Tito juga menjawab pertanyaan wartawan tentang kemungkinan adanya senjara ilegal yang berasal dari jalan tikus perbatasan Papua-PNG, Kamis.


 

Senjata itu bisa masuk melalui jalur-jalur darat, menyebar dari perbatasan di wilayah Jayapura hingga Merauke.

Meski demikian, pria yang juga mantan Kapolri ini menyebut kasus senjata ilegal yang masuk melalui jalan tikus pada perbatasan Papua-PNG tidak banyak.

Baca Juga: KTH alias PH Terduga Pimpinan KKB Ditangkap, Kini Diamankan di Polda Papua

"Saya pernah jadi Kapolda di sana (Papua), setahu saya ada beberapa kasus tapi tidak banyak," ujar Tito.

Tito juga menyebut bahwa Filipina adalah salah satu pemasok senjata api yang digunakan oleh KKB.

Adapun negara yang berbatasan langsung dengan Pulau Miangas, Sulawesi Utara itu memang terkenal memiliki home industry senjata dengan kualitas bagus.

"Itu ada yang masuk lewat jalur-jalur laut, ada juga yang melalui jalur udara. Kan ada pilot yang ditangkap itu," imbuhnya.



Sumber : Antara



BERITA LAINNYA



Close Ads x