Kompas TV nasional peristiwa

Setelah Lampung, Kini Jokowi Cek Jalan di Jambi: Rusak Parah

Kompas.tv - 16 Mei 2023, 17:44 WIB
setelah-lampung-kini-jokowi-cek-jalan-di-jambi-rusak-parah
Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali meninjau jalan rusak, Kali ini di ruas kota Jambi - Sungai Gelam, Provinsi Jambi, Selasa (16/5/2023). (Sumber: Tangkap Layar kanal YouTube Sekretariat Presiden.)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali meninjau jalan rusak, Kali ini di ruas kota Jambi - Sungai Gelam, Provinsi Jambi.

Berdasarkan video yang disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jokowi melintasi jalan rusak di Jambi dengan menggunakan mobil Kepresidenan berpelat merah bertuliskan "Indonesia 1".

Tak hanya dengan mobil, Jokowi dan rombongan juga menyusuri jalan rusak dengan berjalan kaki.

Terlihat kondisi jalan yang dilintasi Kepala Negara ini tidak beraspal, berbatu serta berlubang.

Saat disinggung terkait tingkat kerusakan jalan yang ditinjau tersebut, Jokowi menyebut bahwa jalan sudah rusak parah.

"Rusak parah, orang sudah merasakan sendiri. Masa harus saya sampaikan," kata Jokowi, Selasa (16/5/2023). 

Jokowi membeberkan Jambi memiliki sembilan kabupaten dan dua kota, dan berdasarkan data yang diterimanya, jalan di tingkat kabupaten ada 10.000 kilometer (km) yang mana 4.600 km rusak.

"Hampir separuh yang rusak jalan kabupaten dan kota," ujarnya.

Baca Juga: Soal Kriteria Pemimpin, Jokowi: Yang Mau Bekerja Keras dan Pemberani Demi Rakyat!

Kemudian untuk jalan provinsi sepanjang 1.030 km, terdapat 250 km ruas jalan dengan kondisi rusak.

Sementara jalan nasional ada 1.300 km yang rusak 130 km.

Lebih lanjut, mantan Gubernur DKI Jakarta ini menyebut jalan rusak tersebut sudah didata oleh pemerintah, dan dipastikan bakal segera diperbaiki.

"Itu berdasarkan data dari Kemen PU, data yang saya miliki, dari masyarakat dan tadi juga dikonfirmasi ke Pak Gubernur, ke Pak Bupati semuanya dan kita yang paling penting langkah perbaikan harus dilakukan," tegasnya.

Selain itu, Presiden mempersilakan masyarakat untuk melaporkan kondisi jalan yang rusak parah dan lama tidak diperbaiki di daerah masing-masing kepada dirinya melalui media sosial.

Turut mendampingi Presiden saat meninjau ruas jalan Kota Jambi-Sungai Gelam adalah Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Gubernur Jambi Al Haris, serta Penjabat Bupati Muaro Jambi Bachyuni Deliansyah.

Diketahui, sebelumnya Jokowi juga telah meninjau kondisi ruas jalan yang rusak di Lampung saat melakukan kunjungan kerja pada awal bulan ini.

Kala itu Presiden menyatakan pemerintah pusat mengalokasikan anggaran sebesar Rp800 miliar untuk perbaikan jalan di Kabupaten Lampung Tengah.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x