Kompas TV nasional rumah pemilu

Ganjar Pranowo Masuk Bursa Capres Hasil Musra Relawan Jokowi, PDIP: Menambah Kekuatan Elektoral

Kompas.tv - 15 Mei 2023, 19:25 WIB
ganjar-pranowo-masuk-bursa-capres-hasil-musra-relawan-jokowi-pdip-menambah-kekuatan-elektoral
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo usai memberikan klarifiksi di kantor DPP PDIP, Jakarta, Senin (24/10/2022). PDI-Perjuangan (PDIP) menyambut baik terkait nama Ganjar Pranowo masuk bursa calon presiden (capres) hasil Musyawarah Rakyat (Musra) Relawan Presiden Joko Widodo atau Jokowi. (Sumber: KOMPAS/HENDRA A SETYAWAN)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menyambut baik terkait nama Ganjar Pranowo masuk bursa calon presiden (capres) hasil Musyawarah Rakyat (Musra) Relawan Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Ketua DPP PDI Perjuangan Said Abdullah menyebut, hal itu akan menambah kekuatan elektoral Ganjar Pranowo sebagai bakal capres di Pilpres 2024 mendatang.

"Dukungan ini tentu akan menambah kekuatan elektoral buat Ganjar Pranowo yang pada survei terakhir telah naik signifikan," kata Said dalam keterangannya, Senin (15/5/2023), dikutip dari Antara.

Dia pun menyinggung hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) terbaru.

Elektabilitas Gubernur Jawa Tengah ini berada di atas Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

Hasil survei tersebut juga menunjukkan tren elektabilitas Ganjar yang naik dalam sebulan terakhir.

"Seperti yang tercermin pada Survei SMRC, di mana Ganjar Pranowo mendapatkan dukungan 39,2 persen, Prabowo 32,1 persen, dan Anies Baswedan 19,7 persen,” jelasnya.

Selain itu, Said menyebut, tren kenaikan elektabilitas Ganjar ini juga seiring dengan tren kenaikan elektabilitas PDI Perjuangan yang konsisten menempati posisi puncak elektabilitas partai politik dari berbagai lembaga survei.

Baca Juga: Di Puncak Musra, Jokowi Titip Pesan ke Penerusnya: Jangan Takut Digugat Negara Manapun

Sementara disinggung terkait sosok bakal calon wakil presiden (Cawapres) pendamping Ganjar, Said menyebut hal tersebut merupakan kewenangan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. 

“"Hal itu menjadi kewenangan Ibu Ketua Umum PDI Perjuangan dan ketua umum partai-partai yang berkoalisi dengan PDI Perjuangan,” ucapnya.

Yang pasti, lanjut dia, Megawati telah menegaskan landasan utama PDI Perjuangan memilih calon wakil presiden yang akan mendampingi Ganjar adalah untuk kejayaan Indonesia Raya bersama Ganjar Pranowo.

Diberitakan sebelumnya, sejumlah kelompok relawan Jokowi sebelumnya menuntaskan Musra. Salah satu hasil kegiatan itu adalah rekomendasi tiga nama capres dan lima nama cawapres.

Adapun tiga nama capres hasil Musra yakni Ganjar Pranowo, Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto, dan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto.

Sementara untuk cawapres, di antaranya, Menko Polhukam Mahfud MD, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Menparekraf Sandiaga Uno, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, hingga Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia Arsyad Rasyid.

Adapun mama-nama tersebut telah diserahkan ke Presiden Jokowi saat puncak Musra digelar, Minggu (14/5) kemarin.

Baca Juga: Terima Tiga Nama Capres Hasil Musra, Jokowi: Bagian Saya Beri Bisikan Kuat kepada Partai-Partai

 




Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x