Kompas TV nasional rumah pemilu

PKN Tak Bisa Daftarkan Anas Urbaningrum, Gelora Usung Fahri Hamzah Jadi Bakal Caleg di Pemilu 2024

Kompas.tv - 15 Mei 2023, 08:39 WIB
pkn-tak-bisa-daftarkan-anas-urbaningrum-gelora-usung-fahri-hamzah-jadi-bakal-caleg-di-pemilu-2024
Pekerja menata kotak suara setelah dirakit di gudang Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Kamis (14/2). (Sumber: Antara)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV - Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) tak bisa mendaftarkan kadernya, Anas Urbaningrum menjadi bakal calon anggota legislatif (caleg) di Pemilu 2024. 

Anas merupakan narapidana kasus tindak pidana korupsi dan pencucian uang terkait proyek Hambalang dan proyek APBN lainnya. 

Kini, ia sedang menjalani masa cuti menjelang bebas sejak 11 April 2023 lalu. 

Baca Juga: KPU RI Verifikasi Administrasi Bakal Caleg Nasional dan Provinsi Hari Ini

Meski sudah di luar penjara, Anas harus menerima hukuman pidana lain berupa pencabutan hak untuk dipilih dalam jabatan publik selama lima tahun terhitung sejak selesai menjalani pidana pokok.

"Mas Anas Urbaningrum, belum bisa untuk menjadi bakal caleg, beliau belum bisa dicalonkan," kata Wakil Ketua Umum PKN Gerry Hukubun di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Minggu (14/5/2023). 

Ia menyatakan, pihaknya telah mendaftarkan sebanyak 580 bakal caleg dalam Pemilu 2024 mendatang. Dirinya bersama Ketua Umum PKN Gede Pasek akan memperjuangkan PKN untuk bisa masuk ke DPR RI.

"Saya dan Gede Pasek sudah mendaftar. Teman-teman yang mendaftar di DPR sangat terbuka apabila ada orang orang dengan potensi lebih kuat, kita masih punya waktu 5 bulan," ujarnya. 


 

Sementara itu, Sekjen Partai Gerindra Mahfudz Siddiq mengatakan, pihaknya mendaftarkan kadernya, Fahri Hamzah untuk menjadi bakal caleg dari daerah pemilihan (dapil) Nusa Tenggara Barat (NTB) I.

Ia meyakini Fahri bisa meraup suara banyak di dapil tersebut. 

"Anis Matta sebagai ketua umum beliau tidak maju, beliau sudah memimpin langsung perjuangan politik. Fahri Hamzah, basis kuat di NTB, maju dari NTB I," ujarnya. 

Baca Juga: Targetkan Minimal 116 Kursi, Golkar Daftarkan 580 Caleg ke KPU RI

Mahfudz menambahkan, pihaknya mengirimkan 480 nama bakal caleg DPR RI dari kuota 580. Dirinya meyakini banyak kadernya nanti yang bisa terpilih menjadi anggota legislatif.

"Dengan presentase di atas 70 persen di semua tingkatan dapil, sebagai partai baru maka kami punya keyakinan partai gelora punya prospek yang bagus di Pemilu 2024," ujarnya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x