Kompas TV nasional rumah pemilu

Ribuan Relawan Jokowi akan Serahkan Tiga Nama Bakal Capres di Musra: Ada Prabowo, Ganjar, Airlangga

Kompas.tv - 14 Mei 2023, 12:40 WIB
ribuan-relawan-jokowi-akan-serahkan-tiga-nama-bakal-capres-di-musra-ada-prabowo-ganjar-airlangga
Ilustrasi. Presiden Jokowi dijadwalkan hadir dalam puncak Musra yang akan digelar di Istora Senayan, Jakarta Pusat, hari ini, Minggu (14/5/2023). (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ribuan relawan Joko Widodo (Jokowi) akan menyerahkan tiga nama bakal calon presiden saat puncak acara Musyawarah Rakyat 2023 atau Musra siang ini, Minggu (14/5/2023).

Menurut Ketua Projo sekaligus Penanggung Jawab Musra Indonesia, Budi Arie Setiadi, para relawan telah menjaring tiga nama bakal calon presiden (Bacapres) untuk diserahkan kepada Jokowi.

Tiga nama itu terdiri dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Budi Arie menerangkan, para relawan akan menerima arahan Jokowi soal nama bacapres atau cawapres yang diusung pada pertemuan siang nanti di Istora Senayan, Jakarta.

"Ya puncaknya nanti pengarahan Pak Presiden Joko Widodo ke mana kapal besar ini akan tertuju berlabuh di 2024 semua menantikan perintah dan komando Pak Jokowi untuk menentukan arah 2024," kata Budi Arie, Minggu (14/5) sebagaimana dilaporkan tim jurnalis KompasTV.

Selain mengusulkan tiga nama capres, Budi menambahkan, pihaknya juga akan mengusulkan sejumlah nama bakal calon wakil presiden (cawapres) kepada Jokowi.

Beberapa nama bakal cawapres yang menurutnya potensial di antaranya Menteri Koordinator (Menko) Bidang Hukum dan Keamanan (Polhukam) Mahfud MD, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Baca Juga: Puncak Musra Digelar Hari Ini di Istora Senayan, Jokowi akan Komando Arah Dukungan Relawan

"Untuk cawapres kan ada nama Pak Mahfud, ada Pak Sandi, Pak Moeldoko, ada Pak Arsyad Rasyid, Pak Ridwan Kamil, banyak nama lah tapi kita tunggu aja hasil panitia untuk merumuskan nama-nama dan kita serahkan kepada Jokowi," ungkapnya.

Budi Arie pun memastikan Musra siang ini akan dihadiri secara langsung oleh Presiden Jokowi.

Ia mengatakan, pihaknya akan menyerahkan nama-nama tersebut dan menunggu arahan dari Jokowi.

"Nama-nama itu akan kami serahkan ke Pak Jokowi dan kita tunggu arahan dan perintah Pak Jokowi, karena relawan Jokowi tunduk dan patuh terhadap perintah Pak Jokowi," tegasnya.

Semua nama yang disebutkan sebagai kandidat bakal capres dan cawapres itu, kata Budi Arie, tidak hadir dalam acara yang diperkirakan akan diikuti oleh lebih dari 30 ribu orang ini.

"Tidak, beliau tidak hadir, tapi mereka (tiga bakal capres) memantau semuanya,"

Budi Arie menekankan, ribuan relawan itu akan mendengarkan komando dari Jokowi untuk menentukan arah dukungan mereka pada Pemilihan Umum Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Baca Juga: Deretan Nama Cawapres yang Akan Dibahas di Musra Relawan Jokowi: Mahfud MD Hingga Moeldoko

Para relawan, kata dia, akan kembali ke daerah masing-masing usai mengikuti Musra siang ini. Ribuan relawan Jokowi itu, ungkapnya, akan membuat konfederasi daerah (konferda) untuk mengerucutkan satu dari tiga nama bakal capres itu.

"Kami Projo akan kembalikan lagi ke daerah kami akan kerucutkan lagi dalam bentuk konfederasi daerah (konferda) sampai 1 nama dan nanti akan kami rumuskan, (sekitar) 2 sampai 3 bulan kedepan akan menggelar konferda dan konsilidasi organisasi di seluruh daerah," terangnya.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x