Kompas TV nasional rumah pemilu

Golkar dan PKB Bertemu Bahas Koalisi Besar, Dave Laksono: Kita Sudah Ada Kesepahaman Bersama

Kompas.tv - 10 Mei 2023, 16:26 WIB
golkar-dan-pkb-bertemu-bahas-koalisi-besar-dave-laksono-kita-sudah-ada-kesepahaman-bersama
Anggota Komisi I DPR dari Fraksi Golkar Dave Laksono saat mengikuti webinar bertajuk Sinergi Industri Pertahanan dan Kesehatan Pascapandemi, Senin (16/11/2020). (Sumber: Golkarpedia)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua DPP Partai Golkar Dave Laksono mengonfirmasi bahwa pihaknya akan melakukan pertemuan dengan Partai Kebangkitan Bangsar (PKB), pada Rabu ini (10/5/2023).

Dave mengatakan, pertemuan tersebut akan membahas kelanjutan pembentukan koalisi inti guna menyiapkan langkah-langkah pembentukan koalisi besar

“Ini lebih ngebahas detail kelanjutannya agar kita bisa menyiapkan langkah-langkah berikutnya. Dan juga karena sudah ada kesepakatan, kan harus tetap diputuskan bersama-sama,” kata Dave dalam program Rumah Pemilu di Kompas TV, Rabu.

Baca Juga: Ketua Bapilu Golkar Ungkap Target Airlangga Hartarto Bermanuver Temui Pimpinan Partai di Luar KIB

“Dibangunnya koalisi inti ini adalah untuk membangun kerangka menjadi channeling dari pemikiran masing-masing anggota koalisi sehingga saat penggabungannya dijelaskan lebih tegas,” sambung dia.

Pertemuan tersebut akan dihadiri oleh Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) dari Golkar dan PKB.

Adapun, terkait kehadiran Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar belum dapat dipastikan.

Dalam waktu dekat, kata Dave, pembentukan koalisi besar diharapkan bisa rampung.

Dave menambahkan, hingga saat ini, rencana pembentukan koalisi besar sudah sampai pada kesepahaman bersama antara masing-masing partai.

“Kita sudah sangat yakin, semangatnya sudah sama, konsep kerjanya juga sudah ada kesepahaman sehingga bisa segera kita rangkumkan,” jelas dia.

Kesepahaman bersama tersebut juga berkaitan dengan penentuan bakal calon presiden (capres) dan bakal calon wakil presiden (cawapres) yang akan berlaga di Pemilihan Presiden alias Pilpres 2024 mendatang.

Baca Juga: Kilas Balik Pemilu 1977: Suara PPP Naik di Jakarta dan Aceh, PDI Turun, Golkar Juara

Koalisi akan membahas siapa bakal capres dan cawapres yang akan diajukan.

Dari Golkar sendiri akan mengajukan Airlangga Hartarto, tetapi akan didiskusikan dengan partai lain.

“Nah, keputusan secara koalisi itu tergantung arah pembicaraan, kesepakatan, dan kesepahaman, baik di koalisi kecil maupun koalisi besarnya,” pungkas dia.

Sebelumnya, Airlangga resmi membentuk koalisi inti dengan Muhaimin Iskandar, pada Rabu (3/5/2023).

Koalisi tersebut akan menjembatani pembentukan koalisi besar yang mengintegrasi Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) dan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KIR).



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.