Kompas TV nasional peristiwa

Jokowi Gelar Pertemuan Bilateral dengan Anwar Ibrahim, Bahas Masalah Perbatasan Indonesia-Malaysia

Kompas.tv - 9 Mei 2023, 22:53 WIB
jokowi-gelar-pertemuan-bilateral-dengan-anwar-ibrahim-bahas-masalah-perbatasan-indonesia-malaysia
Presiden RI Joko Widodo bersalaman dengan PM Malaysia Anwar Ibrahim di sela KTT ASEAN di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Selasa (9/5/2023). (Sumber: Youtube Sekretariat Presiden)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

LABUAN BAJO, KOMPAS.TV - Presiden RI Joko Widodo menggelar pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim di sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-42 di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (9/5/2023).

Salah satu hal yang dibahas Jokowi dan Anwar adalah penyelesaian masalah perbatasan Indonesia-Malaysia. Pertemuan dua kepala negara ini digelar di Hotel Meruorah, Labuan Bajo, setelah Anwar tiba sekitar pukul 15.00 WITA.

Baca Juga: Waketum PAN Sebut Partainya Tawarkan Erick Thohir ke Jokowi untuk Jadi Bakal Cawapres

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menyebut masalah perbatasan menjadi salah satu pokok bahasan dalam pertemuan Jokowi dan Anwar. Ia juga menyebut Jokowi menekankan kembali pentingnya optimalisasi Sistem Penempatan Satu Kanal atau One-Channel System untuk pekerja migran Indonesia (PMI) sektor domestik di Malaysia.

"Bapak Presiden menyampaikan pentingnya segera kedua belah pihak untuk menyelesaikan beberapa bidang terkait dengan perbatasan laut dan juga perbatasan darat," kata Retno dikutip Antara.

Terdapat beberapa poin kesepakatan Indonesia dan Malaysia terkait perbatasan, yakni nota kesepahaman (MoU) terkait dengan perbatasan darat segmen Sebatik dan segmen Sinapad Sesai yang diharapkan dapat ditandatangani pada tahun 2023. Jokowi juga berharap perjanjian laut di wilayah Laut Sulawesi dan Selat Malaka bagian selatan dapat segera selesai.

Di lain pihak, Retno menyebut Anwar menyampaikan kembali undangan kepada Jokowi agar mengunjungi Malaysia. Sebelum KTT ASEAN, Anwar Ibrahim telah mengunjungi Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, 9 Januari lalu.

Baca Juga: KTT ASEAN 2023, Sultan Brunei dan PM Kamboja Mendarat di Labuan Bajo Disambut Kesenian Khas Daerah


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x