Kompas TV nasional politik

Prabowo: kalau Saya dan Pak Wiranto Muncul di Panggung yang Sama, Sejuk!

Kompas.tv - 2 Mei 2023, 05:45 WIB
prabowo-kalau-saya-dan-pak-wiranto-muncul-di-panggung-yang-sama-sejuk
Ketua Umum Prabowo Subianto memberi hormat kepada Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Wiranto saat tiba di Hambalang, Jawa Barat, Senin (1/5/2023). (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Vyara Lestari

BOGOR, KOMPAS.TV - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto meyakini kehadiran Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Wiranto dalam satu panggung bersama dirinya bakal menyejukkan suasana politik di Pemilu 2024 mendatang. 

Prabowo menilai, selama ini dirinya selalu dibenturkan dengan Wiranto. Pengalaman tersebut, menurut Prabowo, harus diakhiri karena bertolak belakang semangat persatuan demi kemajuan Indonesia.

Diketahui, Wiranto merupakan mantan Menteri Pertahanan dan Keamanan (Menhankam)/Panglima ABRI yang mencopot Letjen TNI Prabowo Subianto saat menjabat Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) pada 1998 lalu.

Di dunia politik, keduanya memiliki persaingan yang ketat. Saat konvensi Partai Golkar, Prabowo kalah oleh Wiranto, sehingga Golkar mencalonkan Wiranto sebagai capres dengan menggandeng Salahuddin Wahid sebagai wakilnya. 

Baca Juga: Silaturahmi hingga Menyerahkan Nama-Nama Kader Potensial, Apa Hasil Kunjungan Wiranto ke PPP?

Persaingan keduanya kembali terjadi di Pilpres 2009. Prabowo berpasangan dengan Megawati Soekarnoputri, sedangkan Wiranto, saat itu Ketua Umum Partai Hanura, menjadi cawapres Jusuf Kalla dari Partai Golkar.

"Saya pikir penting, Pak, sudah cukup, Pak, pengalaman, selalu apa namanya itu, selalu diadu-adu. Ini saya kira kalau saya dan Bapak muncul, apalagi muncul di panggung yang sama, itu sejuk, Pak," ujar Prabowo dalam pertemuan dengan Wiranto di Hambalang, Bojong Koneng, Jawa Barat, Senin (1/5/2023).

"Jangan suruh Prabowo nyanyi, kalau Pak Wiranto, harus. Terima kasih, Pak," sambung Prabowo. 

Prabowo juga berterima kasih karena telah mengajak mantan kader Partai Hanura yang sepemikiran dengan Wiranto, bergabung ke Partai Gerindra. 

Baca Juga: Prabowo dan Wiranto Kenakan Kostum Kompak Saat Ketemu di Hambalang

Menteri Pertahanan itu menyatakan Partai Gerindra sangat terbuka untuk melakukan kerja sama demi kemajuan Indonesia. 

Prabowo tetap berharap Wiranto juga ikut bergabung dengan partai yang dipimpinnya. Bahkan, Prabowo sempat melempar kelakar sebagai sinyal terkait kemeja putih dengan celana panjang coklat yang dikenakan Wiranto sudah sama dengan para kader Partai Gerindra. 

"Syukur-syukur Bapak sendiri juga (bergabung), karena Bapak sudah pakai baju putih. Bapak didaulat, saya kira itu penting," ujar Prabowo disambut tawa para peserta yang hadir.

Pada kesempatan tersebut, Wiranto mengucapkan terima kasih kepada Prabowo yang menerima para kader terbaik eks Partai Hanura. 

Baca Juga: Ditanya soal Bakal Cawapres, Prabowo Subianto: Politik Harus Seru

Ia meyakini, mantan kader Hanura akan memberi kontribusi kepada Gerindra, baik dalam Pemilu maupun Pilpres 2024.

Wiranto juga mendorong Prabowo menjadi bakal capres di 2024. Menurutnya, Prabowo sudah cocok memimpin pemerintahan, melihat dari pengalamannya mendampingi presiden selama ini. 

"Saya paham betul apa yang harus dilakukan presiden. Sekarang giliran adik saya, sahabat saya, kolega saya," ujar Wiranto menunjuk Prabowo.


 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x