Kompas TV nasional rumah pemilu

Merosot saat Tolak Timnas Israel Megawati Yakin Survei Ganjar Bakal Rebound

Kompas.tv - 1 Mei 2023, 05:25 WIB
merosot-saat-tolak-timnas-israel-megawati-yakin-survei-ganjar-bakal-rebound
Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri memakaikan kopiah kepada bakal calon presiden dari PDIP Ganjar Pranowo (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri tidak sependapat dengan hasil survei terkait kandidat bakal capres dan cawapres pilihan rakyat. 

Menurutnya hasil survei merupakan data statistik yang bisa berubah. 

Megawati mencontohkan sebelum penolakan Timnas U20 Israel berlaga di Piala Dunia U20 di Indonesia hasil survei Ganjar Pranowo sebagai kandidat bakal capres sangat tinggi. 

Namun setelah menyatakan menolak kehadiran Timnas Israel di Piala Dunia U20 dengan Indonesia sebagai tuan rumah, hasil survei Ganjar merosot. 

Baca Juga: Survei Indikator Politik: Sikap di Piala Dunia U20 Bikin Tren Pemilih Ganjar Turun

"Saya bilang coba deh nanti sebentar saja lihat (survei Ganjar) rebound," ujar Megawati di DPP PDIP, Minggu (30/4/2023).

Megawati menilai hasil survei tidak sepenuhnya memiliki korelasi dengan pilihan rakyat di Pilpres 2024.

Menurutnya rakyat memiliki mata hati dan nurani dalam memilih pemimpin sehingga tidak bisa dikendalikan oleh sebuah survei.

Megawati juga menilai banyaknya hasil survei mengenai bakal capres dan cawapres seolah memperkecil pilihan rakyat terhdap pemimpinnya. 

Baca Juga: Respons Megawati Ketika Ditanya Sandiaga Uno Jadi Bakal Cawapres Ganjar

Sejatinya hasil survei bukan untuk memperkecil pilihan, tapi memberi pembelajaran kepada masyarakat untuk memilih pemimpin yang baik dan benar. 

"Jadi kok kaya permainannya itu dikecilkan gitu loh, padahal kan yang disuruh nyoblos itu itu rakyat loh. Itu yang sering kali saya tidak setuju," ujar Megawati.


 

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Opini

Arch of Augustus di Rimini

28 April 2024, 07:05 WIB

Close Ads x