Kompas TV nasional rumah pemilu

Tegaskan KIB Tidak Bubar, PPP Ajak Golkar dan PAN Dukung Ganjar Pranowo

Kompas.tv - 30 April 2023, 20:12 WIB
tegaskan-kib-tidak-bubar-ppp-ajak-golkar-dan-pan-dukung-ganjar-pranowo
Plt Ketua Umum PPP Mardiono. (Sumber: (KOMPAS.com/NICHOLAS RYAN ADITYA/).)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Partai Persatuan Pembangunan (PPP) kembali menegaskan bahwa Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) tidak bubar meski mereka menyatakan dukungan kepada capres PDIP, Ganjar Pranowo. KIB beranggotakan Partai Golkar, PAN, dan PPP.

Plt Ketua Umum PPP Muhammad Mardiono mengatakan, KIB tetap solid dan tidak saling mencampuri urusan internal masing-masing terkait capres.

"KIB dibentuk setahun yang lalu dalam rangka untuk membangun ide dan gagasan dari ketiga partai. Ini ruangnya beda. Jadi antara koalisi untuk gagasan, ide, bagaimana membangun bangsa ini ke depan kemudian dengan keputusan internal partai masing-masing dalam menentukan bakal calon presiden," kata Mardiono di Kantor DPP PDIP, Minggu (30/4/2023).

"KIB tidak akan mencampuri internalnya partai masing-masing karena tidak mungkin PPP mencampuri internalnya Golkar. Golkar pula tidak mungkin mencampuri internal PPP. Demikian pula Partai Amanat Nasional. Itu yang ada di dalam piagam perjanjian koalisi ketiga partai adalah demikian," ujarnya.

Mardiono menegaskan KIB tidak bubar. Bahkan, imbuhnya, PPP akan mengajak Golkar dan PAN untuk ikut mendukung Ganjar sebagai capres.

"Dari hasil Rapimnas V di Yogyakarta, tahapan yang pertama saya sudah menyampaikan hasil itu ke KIB beberapa hari yang lalu dan semua sudah memahami itu dan KIB tidak dinyatakan bubar," lanjutnya.

Baca Juga: Menebak Langkah KIB usai PPP Menyeberang ke Kubu PDIP, Golkar: Kami Punya Banyak Opsi

"Tapi justru saya punya tugas, masing-masing partai politik termasuk saya sebagai Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan mengajak KIB untuk pilihannya sama dengan PPP."

Akan tetapi, apabila Golkar dan PAN punya pilihan capres sendiri, kata Mardiono, PPP menghargai hal itu karena tiap partai punya hak untuk menentukan pilihan. 

"Nah kalau itu terjadi, seperti saya sampaikan, itu menjadi KIB Plus," sambungnya.

"Tapi manakala berbeda, itu keniscayaan dalam perpolitikan kita. Karena negara kita adalah negara demokrasi yang kita punya hak untuk menentukan pilihan."

"Jadi tidak membatasi ruang itu dan alhamdulillah sampai sekarang hubungan kami dengan KIB, KIB tetap solid, guyub, rukun. Nanti kalau (pilihan) sama ya alhamdulillah, kalau beda ya semua untuk Indonesia," pungkas Mardiono.

Diberitakan sebelumnya, PDIP dan PPP menggelar pertemuan di kantor DPP PDIP di Jakarta, pada Minggu (30/4/2023). Pertemuan itu untuk membahas hasil Rapimnas V PPP yang memutuskan untuk memberikan dukungan kepada Ganjar Pranowo sebagai capres.

Dalam pertemuan yang dihadiri elite dari kedua partai politik tersebut, Ganjar juga ikut hadir dan bahkan duduk sejajar dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Plt Ketua Umum PPP Muhammad Mardiono. 

Baca Juga: Tak Punya Bakal Capres Kompetitif, Pengamat Sebut KIB Berpeluang Jadi ‘Supplier Cawapres’


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x