Kompas TV nasional rumah pemilu

Anies Unggah Foto Lagi Baca Buku 'Big Debt Crises', Pengamat: Ingin Kritik Pemerintah

Kompas.tv - 28 April 2023, 14:04 WIB
anies-unggah-foto-lagi-baca-buku-big-debt-crises-pengamat-ingin-kritik-pemerintah
Bakal capres Koalisi Perubahan untuk Persatuan, Anies Baswedan, mengunggah sebuah foto yang memperlihatkannya sedang membaca buku berjudul Principles for Navigating Big Debt Crises di Instagram pada Rabu (26/4/2023). (Sumber: Instagram Anies Baswedan)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Edy A. Putra

 

JAKARTA, KOMPAS TV - Pengamat politik dari Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno, menilai bakal capres dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan, Anies Baswedan, ingin mengkritik kebijakan utang pemerintah melalui buku yang dibacanya.

Hal ini menanggapi foto yang diunggah Anies di Instagram yang memperlihatkannya sedang membaca buku yang ditulis investor Amerika Serikat, Ray Dalio, berjudul Principles for Navigating Big Debt Crises, dengan pemandangan pantai di depannya.

Baca Juga: Kader Senior PPP Tetap Dukung Anies, Mardiono: Kalau di Partai Memiliki Mekanisme Ya

Foto tersebut diunggah Anies pada Rabu (26/2/2023) dan telah disukai ratusan ribu warganet.

"Anies ingin menyatakan bahwa pemerintah saat ini yang dianggap dulu gegap gempita, yang dianggap moncer, yang disambut luar biasa, kini sedang mulai menjelang akhir masa jabatannya yang dianggap memudar,” kata Adi, Kamis (27/4/2023), seperti dikutip dari Kompas.id.

Dari judul buku tersebut, kata Adi, Anies ingin menegaskan bahwa ia sosok yang mengerti bagaimana menanggulangi persoalan utang di Indonesia. 

Secara tidak langsung, menurutnya, Anies ingin menunjukkan, apabila ia menjadi pemimpin di republik ini, persoalan utang bisa diantisipasi dengan baik. 

Adi menuturkan, kritikan Anies terhadap pemerintah tersebut demi mendapatkan posisi yang positif dan respons yang baik dari masyarakat serta pemilihnya.

“Karena Anies tidak bisa keras, tidak bisa lantang mengingat posisinya yang didukung NasDem dan NasDem berada di koalisi pemerintah. Akan sangat menarik Anies bicara secara terbuka tentang utang misalnya, tentang skenario menyelesaikan utang luar negeri kita yang dianggap luar biasa mengerikan itu,” ujarnya.

Bersama foto yang diunggahnya, Anies menyertakan caption yang berbunyi "Matahari yang terang itu, kini mulai meredup terbenam. Teduh, semilir dan tenang untuk membaca dan bersiap. Sebelum esok menyambut hari yang baru dan lebih baik."

"Bagi yang telah mengakhiri masa liburan, selamat bersiap kembali bekerja dan berkarya esok hari."

Sementara itu, juru bicara Anies Baswedan, Hendri Satrio, mengatakan unggahan tersebut menunjukkan mantan gubernur DKI Jakarta itu merupakan sosok pemimpin yang gemar membaca buku dan terus belajar supaya tepat dalam upaya pembangunan untuk rakyat.

Namun, ia tidak mengetahui detail mengenai alasan Anies mengunggah foto tersebut karena belum bertemu dengannya.

Baca Juga: Hari Lebaran, AHY dan Anies Baswedan Silaturahmi ke Ketua Majelis Syuro PKS


 




Sumber : Kompas.id


BERITA LAINNYA



Close Ads x