Kompas TV nasional humaniora

Arus Balik Lebaran, Rabu 26 April 2023: Ribuan Pemudik Roda Dua Padati Pelabuhan Bakauheni Lampung

Kompas.tv - 26 April 2023, 16:44 WIB
arus-balik-lebaran-rabu-26-april-2023-ribuan-pemudik-roda-dua-padati-pelabuhan-bakauheni-lampung
Ribuan kendaraan roda dua memenuhi kantong parkir dermaga reguler pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan, Rabu (26/4/2023). (Sumber: Kompas TV/Antara)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Deni Muliya

LAMPUNG SELATAN, KOMPAS.TV - Arus balik Lebaran 2023, ribuan pemudik yang mengendarai roda dua memadati Pelabuhan Bakauheni hari ini, Rabu (26/4/2023).

Ribuan orang yang mengendarai sepeda motor terus berdatangan hingga memadati kantong parkir dan dermaga reguler Pelabuhan Bakauheni sejak pagi hingga siang hari.

Mereka mulai memadati area Pelabuhan Bakauheni pada pukul 08.30 hingga 12.30 WIB.

Para pemudik itu hendak menyeberang menuju Pelabuhan Merak, Banten.

Selain kendaraan roda dua, sejumlah kendaraan roda empat maupun pejalan kaki juga terus berdatangan ke terminal dan kantong parkir Pelabuhan Bakauheni.

Dilansir dari Antara, ratusan kendaraan nampak memadati kantong parkir dermaga eksekutif dan reguler serta terminal di Pelabuhan Bakauheni.

Sejumlah petugas kepolisian, TNI, dan petugas Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP) terlihat sibuk mengatur arus lalu lintas di dalam pelabuhan.

Baca Juga: Tangki BBM Bocor, Mobil Pemudik di Pelabuhan Bakauheni Dievakuasi!

Berdasarkan data 24 jam dari posko Pelabuhan Bakauheni, Lampung, jumlah penumpang yang mengendarai sepeda motor ada sebanyak 11.688 unit. 

Jumlah ini terus meningkat dari hari sebelumnya yang hanya 6.255 unit.

Sebelumnya, Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), Shelvy Arifin mengatakan, sesuai arahan dari Kementerian Perhubungan akan dilakukan pengalihan pelayanan pelabuhan sesuai tipe kendaraan.

Penyeberangan pada lintas Bakauheni-Merak akan diberlakukan aturan khusus untuk setiap golongan kendaraan.

Dimulai sejak 24 April 2023 hingga 30 April 2023, Pelabuhan Bakauheni melayani penyeberangan pejalan kaki, kendaraan roda dua, roda empat, bus, dan truk golongan VB.

Sedangkan untuk pelayanan kendaraan truk golongan VI B, VII, VIII, dan IX akan dilakukan melalui Pelabuhan Panjang menuju Pelabuhan Indah Kiat.

Kemudian, layanan kendaraan roda dua juga akan dilakukan melalui Pelabuhan Panjang menuju Pelabuhan Ciwandan terhitung sejak 29 sampai 30 April 2023.

Baca Juga: Tinjau Pelabuhan Bakauheni, Begini Strategi Menko PMK Antisipasi Kepadatan Arus Balik...


 




Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x