Kompas TV nasional peristiwa

Menko PMK: Pemerintah Bakal Diskon Tarif Tol untuk Arus Balik 27-29 April

Kompas.tv - 24 April 2023, 06:50 WIB
menko-pmk-pemerintah-bakal-diskon-tarif-tol-untuk-arus-balik-27-29-april
Foto udara antrean sejumlah kendaraan pemudik melewati Gerbang Tol Cikampek Utama di Karawang, Jawa Barat, Rabu (19/4/2023). Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyebut pemerintah akan memberlakukan diskon tarif tol untuk mengantisipasi arus balik Lebaran 2023. Diskon ini sedianya diberlakukan mulai Kamis (27/4/2023) hingga Minggu (30/4). (Sumber: Antara)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyebut pemerintah akan memberlakukan diskon tarif tol untuk mengantisipasi arus balik Lebaran 2023. Diskon ini sedianya diberlakukan mulai Kamis (27/4/2023) hingga Minggu (30/4).

Diskon tol sebesar 20% ini telah disepakati oleh operator jalan tol hingga Jasa Marga. Muhadjir mengatakan, diskon ini sebagai salah satu langkah masyarakat balik ke Jakarta di luar puncak arus balik.

Baca Juga: Jasa Marga Imbau Pemudik Hindari Puncak Arus Balik, Prediksi Jumlah Kendaraan Capai 1,6 Juta

"Di samping itu untuk dorong pemudik ke Jakarta tidak di saat puncak arus balik. Saya imbau kebijakan 27-30 April yaitu seperti pemberian diskon tol, darat, laut, udara," kata Muhadjir dalam konferensi pers, Minggu (23/4).

"Saya apresiasi Jasa Marga dan operator jalan tol untuk berikan diskon 20 persen ruas Semarang-Jakarta tanggal 27-29 April. Dimulai (pukul) 6 pagi sampai 6 pagi juga. Di semua ruas akan akan potongan 20 persen. Saya sudah koordinasi," lanjutnya.

Puncak arus balik Lebaran 2023 sendiri diprediksi terjadi pada Minggu (23/4) hingga Selasa (25/4). Pemerintah pun mengimbau masyarakat menghindari dua hari tersebut.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebut diskon tarif tol yang telah diberlakukan pada tahun lalu dapat menguari arus kendaraan saat arus balik.

"Karena terbukti pada arus mudik kemarin, dengan adanya diskon, pergerakan kendaraan tumbuh sekitar 12 persen, sehingga banyak masyarakat yang mudik lebih awal," kata Budi. 

Baca Juga: Jadwal One Way, Contraflow dan Ganjil Genap Arus Balik Lebaran 2023 Mulai Besok Senin


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x