Kompas TV nasional peristiwa

Jokowi Beli Kain Tenun di Labuan Bajo Seharga Rp1 Juta, Borong Produk UMKM untuk Cucu

Kompas.tv - 23 April 2023, 13:51 WIB
jokowi-beli-kain-tenun-di-labuan-bajo-seharga-rp1-juta-borong-produk-umkm-untuk-cucu
Presiden Jokowi membeli kain tenun dan memborong produk UMKM untuk cucunya saat mengunjungi pameran UMKM lokal di Gua Batu Cermin, Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Minggu (23/4/2023 (Sumber: Kompas TV/Antara)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Desy Afrianti

LABUAN BAJO, KOMPAS.TV - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) membeli sehelai kain tenun seharga Rp1 juta yang dipamerkan UMKM lokal di Gua Batu Cermin, Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Minggu (23/4/2023).

Kain tenun yang dibeli Presiden Jokowi tersebut berasal dari Kabupaten Sikka, NTT dan menggunakan pewarna alami daun tarum yang menghasilkan warna biru.

"Tadi pertama kali Presiden Joko Widodo beli kain tenun, itu pakai pewarna alami, warna biru harganya Rp1 juta," kata Finka (26) dari Kananta Art Shop yang memamerkan produknya di depan Gua Batu Cermin Labuan Bajo, Minggu (23/4) siang dilansir dari Antara.

Finka menerangkan, daun tarum sebagai pewarna kain tersebut awalnya difermentasi selama satu hari. Setelah itu, daun dimarinasi dengan kapur, dicampur, kemudian ditaruh benang.

Setelah ditaruh benang, warna yang didapat adalah biru muda. Namun, benang diangkat, dijemur, lalu melalui proses itu berulang kali sehingga didapat warna biru yang diinginkan. 

"Satu kain itu dibuat sekitar tiga bulan," ungkap Finka.

Baca Juga: Libur Lebaran, Presiden Jokowi Ajak Kedua Cucunya Jalan-Jalan di Solo

Selain membeli kain tenun seharga Rp1 juta, Presiden Jokowi juga membeli produk turunan tenun yang menggunakan pewarna alami.

Beberapa produk itu yakni topi pantai motif Ende, bucket hat untuk Jan Ethes motif Sikka, gelang biru muda motif Sikka untuk La Lembah Manah, dan tas motif Sikka yang dibeli Selvi Ananda.

"Ada lima produk yang dibeli, bisa mencapai Rp3 juta dan dibayar tunai tanpa tawar-menawar," kata Finka.

Usai masuk ke Gua Batu Cermin, Presiden Jokowi melihat produk UMKM yang dipamerkan oleh Finka dan rekannya. Jokowi sempat bercakap-cakap dan bertanya tentang produk UMKM yang dipamerkannya.

Finka pun mengambil sebuah anting dan menjelaskan bahwa anting tersebut menggunakan kain perca tenun.

"Semua kain tenun kami tidak ada yang terbuang, pak. Kalau ada yang sudah digunakan untuk tas atau baju, sisanya lagi kami gunakan untuk anting, jadi semua terpakai, karena ini pewarnaan alam," kata Finka menjelaskan kepada Presiden Jokowi.

Baca Juga: Isi Percakapan Presiden Jokowi Bersilaturahmi Lebaran dengan Ma’ruf Amin via Panggilan Video

Para penjual produk mengaku bahagia dan bangga karena Presiden Jokowi mendukung kebangkitan UMKM lokal.

"Kami sangat bangga memiliki presiden yang sangat merakyat, mau langsung berdekatan dengan rakyat dan berbelanja seperti ini," ujar Ravika, pengelola Kananta Art Shop.

Ia mengaku terharu karena kedatangan presiden ke tempat berjualannya terkesan mendadak. Sebab, kata dia, tidak ada informasi kunjungan Presiden sebelumnya.

Usai membeli produk UMKM tersebut, Presiden Jokowi bersama anak pertama, menantu, dan kedua cucu naik ke mobil dan meninggalkan Gua Batu Cermin.


 



Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x